'/> Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Yang Benar Dan Manfaat

Info Populer 2022

Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Yang Benar Dan Manfaat

Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Yang Benar Dan Manfaat
Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara Yang Benar Dan Manfaat

Niat Puasa Senin Kamis – Selamat tiba di portal hidupsimpel, yak pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat puasa senin kamis. Puasa merupakan salah satu perintah yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. Puasa juga terbagi menjadi aneka macam macam, namun yang dimaksud puasa wajib di sini ialah puasa pada bulan Ramadhan.


Puasa juga merupakan suatu ibadah yang istimewa sebab memiliki banyak keutamaan. Di antaranya yaitu pusa sebagai perisai bagi seorang muslim, klarifikasi ini tercantum dalam hadits yang diriwayatkan dari (Bukhari & Muslim) “الصِّيَامُ جُنَّةٌ” yang artinya “Puasa ialah perisai”.


Arti puasa, dalam kaidah bahasa Arab puasa sanggup diartikan sebagai menahan. Maksud menahan di sini yaitu menahan dari segala hal yang masuk ke dalam verbal baik masakan atau minuman, bahkan diartikan juga menahan dari perbuatan dan bicara.


Baca juga : Niat mandi wajib sesudah haid


Sedangkan pengertuin puasa berdasarkan syariat Islam yang disepakati oleh para ulama ialah menahan diri dari apa saja yang sanggup membatalkan puasa, dibarengi niat untuk puasa dari mulai terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari (Maghrib).


Kemudian ada juga sebagian dari para ulama yang mengartikan kata / kalimat “membatalkan puasa” itu merupakan suatu perbuatan dua anggota tubuh yaitu perut & farji.


Dalam Islam puasa terbagi menjadi beberapa jenis antara lain puasa fardhu, puasa sunnah, dan puasa makruh. Namun pada kesempatan ini saya tidak akan membahas semuanya, kali ini saya akan membahas perihal puasa sunnah tepatnya niat puasa senin kamis.


Untuk memulainya alangkah baiknya kalau kau mengetahui dasar ataupun dalil perihal puasa senin kamis. Hadits pertama dari ‘Aisyah radiallahu ‘anha berkata


إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيس


“Innna Rasuulallahi shallaju ‘alaihi wasallam – kaana yataharra siyamal istnaini walkhomiisi”.


Artinya : “Rasullullah shallallhu ‘alaihi wasallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. An-Nasai no. 2362).



Niat Puasa Senin Kamis


 yak pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat puasa senin kamis Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara yang Benar dan Manfaat


Sebagaimana Ibadah pada umumnya, puasa senin kamis juga memerlukan niat supaya puasanya lebih bermakna dan diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala. Karena niat yang nrimo juga merupakan salah satu syarat diterimanya amal Ibadah kita.


Berbicara perihal niat terdapat 2 pendapat yang berbeda, berikut penjelasannya. Sebagian ulama tidak menyatakan bahwa niat puasa sunnah itu tidak harus dilakukan sebelum seubuh menyerupai puasa wajib pada bulan Ramdhan.


Sedangkan sebagian ulama lain beropini bahwa berniat di dalam puasa sunnah itu mesti sama menyerupai halnya puasa wajib (Harus diniatkan sebelum subuh).


Pendapat pertama tadi dipilih oleh lebih banyak didominasi ulama 3 madzhab, Hanafi, Syafi’i, dan Hambali. Berdasarkan hadits dari ‘Aisyah Radiallahu ‘anha ia menceritakan.


Rasulullah Shallallahhu ‘alaihi wasallam pernah menemuiku pada suatu hari. Kemudian ia bertanya, “Apakah kau memiliki makanan?” Aku menjawab, ‘Tida’.


Lalu ia mengatakan, “Jika demikian, saya puasa (sunnah) saja”.


Sementara ulama Madzhab Maliki beropini bahwa puasa sunnah itu disyariatkan harus diniatkan sebelum subuh, sbagaimana puasa di bulan Ramadhan. Yang menjadi dasar pegangan mereka ialah haduts Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya


Siapa yang tidak berniat puasa di malam hari (sebelum subuh) makan tidak ada puasa baginya.


Di Indonesia sendiri lebih banyak didominasi masyarakatnya menggunakan madzhab Syafi’i, oleh sebab itu lebih baik kita mengambil pendapat yang pertama. Berikut salah satu studi kasus dalam penerapan Madzhab Syafi’i :


Pada suatu hari ada seorang suami yang sama sekali tidak memiliki niat untuk berpuasa senin kamis di malam hari, namun ternyata saat waktu hendak memperlihatkan jam 06.00, belum ada hidangan untuk disantap. Belakangan ia tau kalau istrinya sedang menjalankan Ibadah puasa senin kamis, maka bertepatan dengan itu, ia pun berniat saya akan puasa senin kamis.


Lafadz Niat Puasa Senin Kamis 


Terdapat 2 versi lafadz perihal puasa sunnah yang satu ini, sebab puasa senin kamis merupakan 2 Ibadah yang terpisah sehingga lafadznya pun berbeda.


Ini juga memperlihatkan bahwa tidak adanya ikatan, keharusan, atau kewajiban salah satu puasa harus diikuti satu pusa lainnya. Sehingga dalam satu ahad kita boleh melaksanakan satu saja, baik hari senin atau har kamis saja. Akan tetapi lebih baik dan dianjurkan kalau kau melaksanakan ke duanya.


Berikut lafadz bahasa Arab niat puasa Senin :


نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعال


“Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aalaa”


Yang artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari senin sebab Allah Ta’ala”


Beriku lafadz bahasa Arab niat puasa kamis :


نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعال


Nawaitu dhouma yaumul khomisi sunnatan lillahi ta’aalaa”


Yang artinya: “Aku berniat puasa sunnah  hari kamis sebab Allah Ta’ala.


Niat Berbuka Puasa Senin Kamis


 yak pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat puasa senin kamis Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara yang Benar dan Manfaat yak pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat puasa senin kamis Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara yang Benar dan Manfaat


Manfaat Puasa Senin Kamis


 yak pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat puasa senin kamis Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara yang Benar dan Manfaat
doaniatsholat.blogspot.com

Ada banyak sekali hadits-hadist dan klarifikasi para ulama mengenai manfaat puasa sunah senin kamis, bahkan beberapa jago penelitian mengabarkan bahwa puasa itu sanggup menyehatkan. Hal ini bahwasanya sudah usang ditemukan bahkan nabi pun menyampaikan demikian.


Oleh sebab itu, yuk kita simak beberapa manfaat dari puasa sunnah senin kamis.



  • Memberi Kesempatan Untuk Beristirahat Organ Tubuh


Dengan istirahat yang cukup tentunya tubuh kita akan lebih sehat, istirahat juga merupakan fitrah manusia. Tengok saja orang yang tidak pernah istirahat niscaya masa tua-Nya sakit-sakitan.



  • Menurunkan Hawa Nafsu


Puasa juga akan memudahkan kau mengontrol hawa nafsu, hal ini menyerupai yang dijelaskan dalam hadits “Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan saran kepada permuda yang hendak menikah namun belum memiliki kecukupan, maka mereka dianjurkan untuk berpuasa.



  • Melembutkan Hati

  • Memudahkan untuk melaksanakan amal sholeh


Mengeluarkan racun dalam tubuh


Dengan tidak adanya penelitian oleh para ilmuwan, tentunya anda sanggup berfikir dengan logis, bilamana puasa senin kamis sanggup menghilangkan toksin maupun racun yang terdapat pada tubuh.


Racun yang bergabung dengan darah, lemak, maupun cuilan yang lain itu asalnya dari masakan dan minuman yang masuk dalam tubuh kita. Supaya sanggup mengeluarkannya, tidak sekedar melaksanakan olah raga saja, akan tetapi anda mesti stop komsumsi masakan dan minuman yang biasa kita mengkomsumsinya, paling tidak ya satu hari.


Dengan begitu secara efektif tubuh sanggup mengeluarkan racun baik melalui urin, keringat, atapun saat anda sedang buang hajat.


Cara puasa senin kamis tersebut diyakini manjur sanggup menghilangkan racun yang telah berada dalam tubuh kita.


Nantinya anda akan mencicipi kesejukan dan kebugaran pada tubuh saat racun-racun tersebut sudah lenyap.


Hikmah Puasa Senin Kamis


 yak pada kesempatan kali ini kita akan membahas niat puasa senin kamis Niat Puasa Senin Kamis Beserta Tata Cara yang Benar dan Manfaat
Hikmah Puasa Senin Kamis

Dan masih banyak manfaat-manfaat lain yang belum saya cantumkan, apabila kurang paham tanyakan pada ustad terdekat biar kau tidak keblinger. Sekian artikel perihal niat puasa senin kamis kali ini semoga bermanfaat.



Advertisement

Iklan Sidebar