'/> Simpati Dan Empati, Perbedaan Keduanya

Info Populer 2022

Simpati Dan Empati, Perbedaan Keduanya

Simpati Dan Empati, Perbedaan Keduanya
Simpati Dan Empati, Perbedaan Keduanya

Simpati dan Empati -Secara umum, simpati dan tenggang rasa seringkali membingungkan. Alasannya sih selain sama-sama untuk mengungkapkan emosi, juga kedua kata tersebut sama-sama istilahnya dari yunani kuno yaitu ‘páthos’ (yang berkaitan dengan penderitaan dan perasaan). Kedua kata ini juga sama-sama menggambarkan situasi murung dan berkabung dari kita untuk ditujukan kepada orang lain yang mengalami bencana alam atau tragedi.


Meskipun mempunyai kesamaan dalam hal istilah ataupun termasuk dari interaksi sosial, tetap ada perbedaan yang utama. Simpati sendiri contohnya lebih menggambarkan perasaan belas kasihan dan rasa kasihan dari kita untuk ditujukan kepada keadaan orang lain, sementara tenggang rasa memungkinkan bagi kita untuk menempatkan diri pada posisi orang-orang yang menderita dan menyebarkan secara eksklusif dalam kesedihan mereka.



Empati vs Simpati: Perbedaan Keduanya


 simpati dan tenggang rasa seringkali membingungkan Simpati dan Empati, Perbedaan Keduanya 
kdplatform.com

Sebelum kita membahas lebih lanjut lagi, mari kembali ke asal kata Yunani dari kedua kata tersebut. Kita sebelumnya sudah membahas sedikit bahwa kedua kata tersebut berasal dari kata ‘Pathos’.


Untuk awalan ‘sim’ dalam kata ‘simpati’ lebih berkaitan dengan iterasi Yunani ‘syn’ (yang berarti ‘bersama-sama dengan’). Sebaliknya, awalan ‘em’ dalam ‘empati’ berasal dari deskripsi Yunani wacana kata ‘di dalam’.


Perbedaan inti yang fundamental dari simpati dan tenggang rasa adalah, jikalau simpati lebih memperlihatkan perilaku solidaritas kita dengan orang lain, sedangkan kalau tenggang rasa lebih diantaranya yaitu kita ikut terlibat dan membenamkan diri ke dalam penderitaan orang lain.


Supaya lebih paham konteks keduanya mari kita lihat pola berikut ini


Pada piala dunia tahun 1998 ada pertandingan mempertemukan Inggris dan Argentina. Inggris alhasil kalah dengan Argentina dan tersingkirkan dari piala dunia tersebut. Ketika itu David Beckam bermain untuk Inggris, banyak sekali tindakan kekecewaan dan kritikan pedas dari para fans atas aksinya di atas lapangan hijau.


Dibalik kritikan pedas dari para fans, ternyata ada pihak lain ibarat pengamat dan penonton di luar fans yang bersikap sebaliknya. Mereka yang bukan fans Inggris secara tidak eksklusif bersimpati terhadap Beckham sebab mereka merasa bahwa David Beckam diperlakukan dengan tidak layak.


Para rekan timnya yang juga mengerti rasanya bagaimana menjadi pemain yang diperlukan mengungkapkan tenggang rasa mereka dengan Beckham, akan tetapi rekannya tersebut menempatkan diri mereka secara eksklusif dan lebih tahu akan kondisi Beckam sebenarnya.


Selain itu juga alasan rekan setimnya mengungkapkan tenggang rasa sebab mereka juga telah mengalami perlakuan serupa sesudah mengalami kekalahan pertandingan tersebut tersebut.


Perbedaan Simpati dan Empati dalam hal perbuatan dan perasaan


 simpati dan tenggang rasa seringkali membingungkan Simpati dan Empati, Perbedaan Keduanya 
quotemaster.org

para simpatisan akan menyebarkan keprihatinan dan bela sungkawa mereka dengan orang lain sambil secara terbuka mengakui bahwa mereka tidak tahu secara eksklusif wacana apa yang sesungguhnya orang lain rasakan.


Biasanya respon para simpatisan hanya sebatas itu saja, tindakan faktual mereka untuk orang lain ibarat contohnya hanya memberi pinjaman tanpa disertai dengan saran atau masukan yang dapat mengurangi kondisi perasaan orang lain.

Sebaliknya, mereka yang berempati mempunyai perasaan dan pengetahuan yang mendalam terhadap orang lain. Karena itulah mereka memberi tindakan yang faktual untuk orang lain berupa saran dan masukan berharga, sehingga dapat menyampaikan imbas yang bersangkutan.


Contoh Simpati Dalam Kehidupan Sehari-hari


 


Contoh Empati Dalam Kehidupan Sehari-hari


Berikut ini pola tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari



  1. Mungkin kita sering melihat isu wacana saudara-saudara kita yang terkena musibah. Timbul rasa kasihan kita pada mereka. Tidak hanya kau saja yang merasa kasihan, masyarakat lain juga kasihan. Akhirnya mereka gotong royong menyampaikan pinjaman berupa bantuan dan tenaga untuk menolong mereka.

  2. Kita semua hidup di lingkungan dan alam yang sama. Kita semua tanpa disadari niscaya mempunyai sifat untuk menyayangi lingkungan dan alam. Tanpa sadar juga kita akan selalu membersihkannya semoga tidak terkena banjir, cuaca panas, dan lainnya.

  3. Memberikan ilmu. Ilmu termasuk hal yang sangat bermanfaat bagi seseorang, dengan mengajarkan ilmu kita telah bahagia untuk melihat orang lain menjadi pandai, pandai dan mandiri.


Efek Simpati dan Empati


 simpati dan tenggang rasa seringkali membingungkan Simpati dan Empati, Perbedaan Keduanya 
lifebeyondnumbers.com

Kita sudah tahu kan bahwa simpati dan tenggang rasa itu berbeda, namun meskipun begitu keduanya tetap membuat kau menjadi orang yang lebih kasih sayang lagi.


Dengan mempunyai sifat simpati dan tenggang rasa sangat penting bagi kita sebab memungkinkan bagi kita untuk mempunyai pola pikir yang mau menyampaikan kenyamanan dan pinjaman yang relevan kepada mereka yang membutuhkan.


Tidak hanya itu, berikut beberapa manfaat ilmiah dan psikologis bagi orang yang mempunyai sifat kasih sayang.


Menimbulkan Semangat Orang di Sekitarmu


Telah terbukti bahwa menampilkan perilaku kasih sayang terhadap sesama membawa dampak semangat bagi orang lain.Jonathan Haidt, psikolog dari universitas Virgina menyaksikan orang yang membantu orang lain membuat keadaan elevasi dalam pikiran manusia, selain itu juga mendorong mereka untuk melaksanakan hal yang sama.


Menginspirasi Tindakan


Pada klarifikasi yang sama, kasih sayang juga terbukti sebagai pendorong agresi nyata. Berdasarkan studi yang dikaji lebih dalam mengungkapkan bahwa Subyek yang telah merenung dan fokus dalam hati memungkinkan mereka untuk bertindak atas dasar belas kasih, meskipun berlawanan dengan pandangan umum masyarakat.


Hal ini mengambarkan bahwa betapa kuatnya tindakan kasih sayang mempengaruhi orang lain untuk bertindak.


Membuat Diri Kita Lebih Menarik


Masa sih? ya iyalah. Dengan mempunyai rasa kasih sayang membuat diri kita lebih menarik di pandangan orang lain. Kalian lihat sendiri, orang yang baik biasanya banyak temannya dan mereka begitu gampang dalam menjalani sesuatu.


Cara Menjadi Orang Simpati dan Empati


 simpati dan tenggang rasa seringkali membingungkan Simpati dan Empati, Perbedaan Keduanya 
lakka.tv

Menjadi seorang yang simpati dan tenggang rasa sangat berkaitan dekat dengan sifat iba kita. Mungkin diantara kita bertanya bagaimana sih menjadi orang yang gampang iba kepada orang lain? kelihatannya gampang ya tapi pada prakteknya tidak mengecewakan susah, sebab terkadang kita tidak gampang peka.


Tenang, bagusnya kepekaan itu dapat dipelajari dan diasah melalui aneka macam teknik latihan.


Apa saja hal utama yang harus dilakukan? langkah mudah apa yang dapat membuat kita menjadi orang yang gampang iba? mari kita lihat.


1. Mendengarkan


Siapa sih yang tidak mau didengarkan ketika berbicara? Ingat di hati orang yang penyayang niscaya mereka mempunyai keahlian untuk mendengarkan curhatan orang lain. Sayangnya keahlian ini sangat susah untuk dikembangkan. Selain hanya mendengarkan curhatan orang lain, kau harus tahu respon apa yang cocok bagi orang tersebut.


Untuk menentukan respon yang sesuai kau perlu memahami apa yang dikatakan orang tersebut baik secara eksplisit maupun implisit. Dengan begitu orang tersebut menganggap anda menghargai curhatannya tersebut.


Simpelnya: Kamu dengarkan perkataan orang tersebut hingga selesai dan respon yang sesuai


2. Berbicara Dengan Lemah Lembut


Orang lain sangat suka bagi mereka yang berbicaranya lemah lembut, berbeda dengan mereka yang berbicara dengan berangasan dan menyakitkan. Usahakanlah untuk berbicara dengan rasa hormat dan dengan tekanan rendah apabila bertemu dengan orang lain baik yang sudah kau kenal atau yang belum kau kenal.


Ketika memang pembicaraan mereka tidak sesuai dengan keinginanmu, sampaikanlah dengan nrimo dan jangan melaksanakan tindakan emosi ibarat menyalahkan, membentak, dan mengejek.


3. Lihat Bawah dan Atas


 simpati dan tenggang rasa seringkali membingungkan Simpati dan Empati, Perbedaan Keduanya 
pinterest.com

Maksudnya yaitu cobalah untuk membayangkan posisi orang lain ketika mengalami hal yang tidak mengenakkan. Pepatah pernah menyampaikan ‘ lihatlah ke bawah dan jangan lihat ke atas’ maksudnya yaitu kita hendaknya melihat posisi orang yang lebih rendah dari pada kita semoga kita lebih gampang bersyukur dan timbul perasaan iba, berbeda halnya ketika kita melihat posisi orang lain yang lebih di atas kita.


Itulah beberapa perbedaan antara simpati dan tenggang rasa beserta tips bagaimana menjadi orang yang gampang simpati dan empati. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat ngeshare :D.


    Simpati dan Empati


Advertisement

Iklan Sidebar