'/> Rpp K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Sd Pelaksana Guru Ut Dan Pgsd

Info Populer 2022

Rpp K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Sd Pelaksana Guru Ut Dan Pgsd

Rpp K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Sd Pelaksana Guru Ut Dan Pgsd
Rpp K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Sd Pelaksana Guru Ut Dan Pgsd
Sebagai pengajar dan calon pengajar yang profesional lebih baik sebelum mendalami materi RPP K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD untuk Guru atau mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah UT dan PGSD diminta mendiskusikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
  • Bagaimana pemahaman anda ihwal RPP K13 ? 
  • Apa hambatan yang anda temukan dalam penyusunan RPP K13 ? 
  • Bagaimana pendapat anda ihwal proses penyusunan RPP K13 ? 
  • Apakah seorang calon Guru dan kepala sekolah perlu memahami penyusunan RPP K13 ?

RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi SD Semester 1 dan 2 - RPP K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Revisi kurikulum 2013 pada tahun ini sudah sedang, dan tengah di sosialisasi kan ke seluruh sekolah yang ada di Indonesia, awal penerapan kurtilas untuk jenjang SD dimulai dari kelas 1 dan kelas 4, untuk itu kami menawarkan rujukan RPP K13 kelas 4 SD Revisi baru dan RPP Kurikulum 2013 kelas 1 SD semester 1 dan 2 semua tema pembelajaran.

Sumber terpercaya yang harus anda baca yaitu Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 ihwal Standar Proses dan Lampiran IV (Pedoman Umum Pembelajaran) Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 ihwal administrasi pembelajaran implementasi Kurikulum 2013 SD.
Sebagai pengajar dan calon pengajar yang profesional lebih baik sebelum mendalami materi R RPP K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD Pelaksana Guru UT dan PGSD
Analisis RPP kurikulum 2013
Berbagai kebijakan, format panduan evaluasi telah kami bagikan untuk rekan guru dan calon guru seluruh Indonesia yang akan mengimplementasikan kurikulum 2013 atau sedang dalam melaksanakan kiprah kuliah pada sekolah masing-masing akan sangat terbantu dengan adanya rujukan file RPP K13 kelas 1 SD yang tersusun dari tema dan subtema serta pembelajaran yang memuat KI dan KD versi terbaru.

Pengertian dan analis dalam menciptakan konsep RPP Kurikulum 2013 SD semua tema untuk pendidik dan calon pendidik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP K13 dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran guru dalam upaya mencapai kompetensi dasar.

Setiap guru pada  satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP K13 secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisifasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai  dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. RPP Kurikulum 2013 disusun menurut kompetensit atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Prinsip Penyusunan RPP K13 SD

Dalam menyusun RPP K13 diharuskan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut
  • Perbedaan individual pendidik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai dan lingkungan pendidik.
  • Berpusat pada pendidik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif,inspirasi, penemuan dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan,dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP K13 memuat rancangan kegiatan pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  • Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dsr, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen dan Sistematika RPP K13 SD

  • Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan,
  • Identitas mata pelajaran atau tema atau subtema,
  • Kelas dan Semester,
  • Materi pokok,
  • Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kmptnsi dsr dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan kmptnsi dasr yang harus dicapai,
  • Tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut kmptnsi dsr, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup dinikmati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  • Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
  • Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  • Metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar guru mencapai kompetensi dsr yang diadaptasi dengan karakteristik guru dan Kmptnsi dasr yang akan dicapai,
  • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran,
  • Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan,
  • Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan epilog dan,
  • Penilaian hasil pembelajaran.

Langkah-Langkah Pengembangan RPP K13 atau Kurikulum 2013

  • Mengkaji Silabus
Dalam mengkaji secara umum, untuk setiap materi pokok pada setiap silabus terdapat 4 KD sesuai dengan aspek KI. Untuk mencapai 4 KD tersebut, dalam silabus dirumuskan kegiatan akseptor didik secara umum dalam pembelajaran menurut standar proses. Kegiatan inilah yang harus dirinci lebih lanjut dalam RPP, dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang menciptakan akseptor didik aktif belajar. Pengkajian terhadap silabus juga meliputi perumusan indikator KD dan penilaiannya.
  • Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian KD dengan mempertimbangkan: 1) potensi pendidik,
2) relevansi dengan karakteristik daerah,
3) tingkat perkembangan fisik; intelektual, emosional, sosial, dan spritual pendidik,
4) kebermanfaatan bagi pendidik,
5) struktur keilmuan;
6) aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
7) relevansi dengan kebutuhan pendidik dan tuntutan lingkungan, dan
8) alokasi waktu.
  • Menentukan Tujuan
Tujuan sanggup di organisasi kan meliputi seluruh KD atau di organisasi kan untuk setiap pertemuan. Tujuan mengacu pada indikator, paling tidak mengandung dua aspek: audience (peserta didik) dan behavior (aspek kemampuan).
  • Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk menawarkan pengalaman mencar ilmu yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar akseptor didik, akseptor didik  dengan guru, lingkungan, dan sumber mencar ilmu lainnya dalam rangka pencapaian KD. Pengalaman mencar ilmu yang dimaksud  dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan  pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada akseptor didik. Pengalaman mencar ilmu memuat rangkuman hidup yang perlu dikuasai pendidik.


Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuatkan kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
  1. Kegiatan pembelajaran disusun untuk menawarkan dukungan kepada para pendidik, khususnya guru, biar sanggup melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
  2. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan manejerial yang dilakukan guru biar akseptor didik sanggup melaksanakan kegiatan menyerupai dalam silabus.
  3. Kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan merupakan skenario langkah-langkah guru dalam menciptakan akseptor didik aktif belajar. Kegiatan ini di organisasi kan menjadi kegiatan: pendahuluan, Inti, dan Penutup. Kegiatan inti dijabarkan lebih lanjut menjadi rinci dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yakni: mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan.
  4. Untuk pembelajaran yang bertujuan menguasai mekanisme melaksanakan sesuatu,kegiatan pembelajaran sanggup berupa pemodelan/demonstrasi oleh guru atau ahli, peniruan oleh akseptor didik, pengecekan dan pemberian umpan balik oleh guru, dan pembinaan lanjutan.

  • Penjabaran Jenis Penilaian 
Di dalam silabus telah ditentukan jenis penilaiannya. Penilaian pencapaian KD akseptor didik dilakukan menurut indikator. Penilaian dilakukan dengan memakai tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, mengamatan kinerja, pengukuran sikap, evaluasi hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan evaluasi diri. Oleh alasannya pada setiap pembelajaran akseptor didik didorong untuk menghasilkan karya, penyajian portofolio merupakan cara evaluasi yang harus dilakukan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  • Menentukan Alokasi Waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap Kompetensi Dasar didasarkan pada jumlah ahad efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per ahad dengan mempertimbangkan jumlah Kompetensi Dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan KD. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan asumsi waktu rerata untuk menguasai KD yang diperlukan oleh akseptor didik yang beragam. Oleh alasannya itu, alokasi tersebut dirinci dan diadaptasi lagi di RPP K13.
  • Menentukan Sumber Belajar
Sumber mencar ilmu yaitu rujukan, objek dan/atau materi yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.

Yang didasari rasa ingin membantu sesama rekan guru pendidik yang berada di seluruh Indonesia dengan moto pendekar tanda jasa dalam meningkatkan mutu pendidikan anak bangsa, saya menawarkan rujukan file kumpulan RPP kurikulum 2013 kelas 1 - 6 semester 1 dan 2 semua tema pembelajaran lengkap di bawah ini.

Download link file : 

Contoh RPP K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD - RPP Kurikulum 2013

1. RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1

Semester 1
[1] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Diriku [Download File]
Semester 2
  • [5] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Pengalamanku [Download File]
  • [6] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Lingkungan Bersih Sehat dan Asri [Download File]
  • [7] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku [Download File]
  • [8] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Peristiwa Alam [Download File]
Update Terbaru : 
RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS 1 Semester 1 Revisi gres semua tema pembelajaran
    2. RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 2
    Semester 1
    • [1] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Hidup Rukun [Download File]
    • [2] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Bermain di Lingkunganku [Download File]
    • [3] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Tugas Sehari-Hari [Download File]
    • [4] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Aku dan Sekolahku [Download File]
    Semester 2
    • [5] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Hidup Sehat dan Bersih [Download File]
    • [6] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Air Bumi dan Matahari [Download File]
    • [7] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Merawat Hewan dan Tumbuhan [Download File]
    • [8] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Keselamatan di Rumah dan Perjalanan [Download File]
      3. RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 3

      Sesmester 1
      • [1] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Sayangi Hewan dan Tumbuhan [Download File]
      • [2] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Pengalaman yang Mengesankan [Download File]
      • [3] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Mengenal Cuaca dan Musim [Download File]
      • [4] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Ringan Sama Dijinjing Berat [Download File]
      Semester 2
      • [5] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Bermain dan Berolahraga [Download File]
      • [6] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Indahnya Persahabatan [Download File]
      • [7] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Kita Berhemat untuk Mas [Download File]
      • [8] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Berperilaku Baik dalam Kehidupan [Download File]
      • [9] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Menjaga Kelestarian Lingkung [Download File]
      4. RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 4

      Semester 1
      • [1] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Indahnya Kebersamaan [Download File]
      • [2] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Selalu Berhemat Energi [Download File]
      • [3] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Peduli Terhadap Makhluk Hidup [Download File]
      • [4] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Berbagai Pekerjaan [Download File]
      Semester 2
      • [5] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Pahlawanku [Download File]
      • [6] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Indahnya Negeriku [Download File]
      • [7] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Cita-Citaku [Download File]
      • [8] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tempat Tinggalku [Download File]
      • [9] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Makanan Sehat dan Bergizi [Download File]
      5. RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 5

      Semester 1
      • [1] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Benda-Benda di Lingkungan Sekitar [Download File]
      • [2] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Peristiwa Dalam Kehidupan [Download File]
      • [3] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Kerukunan Dalam Bermasyarakat [Download File]
      • [4] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Sehat Itu Penting [Download File]
      • [5] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Bangga Sebagai Bangsa Indonesia [Download File]
      Semester 2
      • [6] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Organ Tubuh Manusia dan Hewan [Download File]
      • [7] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Sejarah Peradaban Indonesia [Download File]
      • [8] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Ekosistem [Download File]
      • [9] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Lingkungan Sahabat Kita [Download File]
      6. RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 6

      Semester 1
      • [1] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Bhinneka Tunggal Ika [Download File]
      • [2] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Selamatkan Makhluk Hidup [Download File]
      • [3] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Tokoh dan Penemu [Download File]
      Semester 2
      Akhir pembahasan saya mohon pengertiannya mengenai halaman iklan yang muncul dikala anda mengunjungi halaman file alasannya iklan tersebut menambah penghasilan saya yang apa adanya untuk itu mohon untuk teliti dan bersabar.
      Sumber pembahasan artikel : www.lppks.org
      Advertisement

      Iklan Sidebar