'/> » Perangkat Lunak : Pengertian, Fungsi, Rujukan Macam Macam Software

Info Populer 2022

» Perangkat Lunak : Pengertian, Fungsi, Rujukan Macam Macam Software

» Perangkat Lunak : Pengertian, Fungsi, Rujukan Macam Macam Software
» Perangkat Lunak : Pengertian, Fungsi, Rujukan Macam Macam Software

Pengertian Perangkat Lunak –  Agar komputer sanggup dioperasikan, maka memerlukan perangkat lunak atau software. Sekarang ini pilihan jenis perangkat lunak sangat banyak. Anda sanggup mengandalkannya untuk kebutuhan desain, editing video, bermain game dan sebagainya.


Para developer software juga selalu melaksanakan pengembangan, sehingga semakin banyak fitur yang memudahkan penggunanya. 




Pengertian Perangkat Lunak


 maka memerlukan perangkat lunak atau software » PERANGKAT LUNAK : Pengertian, Fungsi, Contoh  Macam Macam Software
pixabay.com

Bila perangkat keras atau hardware ada bentuk fisiknya, sebaliknya jika perangkat lunak tidak ada bentuk fisiknya. Perangkat lunak komputer mempunyai pengertian sebagai sekumpulan data elektronik, yang tersimpan dan kemudian dikendalikan oleh perangkat komputer.


Nah, data elektronik tersebut berupa Instruksi atau kegiatan , yang nantinya akan menjalankan perintah khusus. Kaprikornus dalam sebuah perangkat komputer atau laptop harus diinstal software, biar sanggup dioperasikan.


Oleh alasannya yaitu itu, di setiap komputer sanggup terpasang software yang berbeda-beda. Sebab instalasi perangkat lunaknya diadaptasi dengan harapan penggunanya.



Fungsi Perangkat Lunak


Secara umum perangkat lunak pada komputer mempunyai dua fungsi utama. Fungsi yang pertama sebagai pemroses data, perintah atau isyarat khusus. Dengan begitu, pengguna sanggup mengoperasikan komputernya sesuai dengan hasil kerja yang diinginkan. Selain itu, fungsinya yaitu untuk sarana interaksi yang mengkoneksikan pengguna dengan perangkat kerasnya.



Macam Macam Perangkat Lunak 


 maka memerlukan perangkat lunak atau software » PERANGKAT LUNAK : Pengertian, Fungsi, Contoh  Macam Macam Software
pixabay.com

Ada bermacam-macam jenis perangkat lunak yang sanggup dioperasikan pada komputer. Untuk sanggup menggunakannya terdapat software berbayar dan tak berbayar. Nah, apa saja macam perangkat lunaknya?


1. Perangkat Lunak Berbayar


Sangat banyak produk software yang dikembangkan oleh developernya. Namun, untuk sanggup menikmati kegunaan perangkat lunak tersebut, serta banyak sekali fitur dan update terbarunya, anda harus membayar dengan harga tertentu.


Meskipun anda sudah membelinya, tapi tidak mendapat lisensi untuk menciptakan copiannya dan menyebarluaskan untuk pengguna komputer lain. Karena tindakan itu termasuk ilegal dan bertentangan dengan hukum. Produk perangkat lunak ini menyerupai Microsoft Windows, Adobe Photosoft, Corel Draw, Microsoft Office, dan sebagainya.


2. Freeware


Perangkat lunak ini bersifat gratis, jadi tidak harus membelinya menyerupai software berbayar. Bahkan anda sanggup menggunakannya tanpa batasan waktu. Kaprikornus sanggup dipakai tanpa berbayar hingga kapan pun.


Biasanya pengembang software ini mendedikasikannya untuk komunitas tertentu. Tetapi hak cipta tetap dipertahankannya, sehingga tetap sanggup juga melaksanakan banyak sekali pengembangan selanjutnya. Contoh produk dari freeware ini yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya.


3. Free Software


Pada awalnya anda harus membeli perangkat lunak ini. Namun, anda bebas untuk melaksanakan penggandaan, modifikasi bahkan distribusinya. Kaprikornus pengertian gratisnya tidak hanya pada beberapa komponen tersebut. Inilah yang membedakannya dengan freeware.


4. Shareware


Perangkat lunak ini juga sanggup dipakai secara gratis. Sayangnya ada batasan waktu untuk penggunaannya. Inilah perbedaannya dengan freeware, yang sanggup dimanfaatkan selamanya tanpa ada waktu kadaluarsanya.


Shareware merupakan kegiatan khusus yang didistribusikan sebagai software versi penilaian atau demonstrasi. Oleh alasannya yaitu itu, pengembangnya membatasi fungsi atau fitur yang sanggup dipakai penggunanya. Kaprikornus pengembangkan akan membatasi waktu pemakaiannya, semisal hanya satu bulan saja. Nah, bila anda ingin menikmati seluruh fiturnya, maka harus membelinya terlebih dahulu.


Cara ini dimanfaatkan sebagai pengujian produk, sehingga anda sanggup mengetahui bermacam-macam kelebihan dan fungsi yang ditawarkannya. Shareware ini biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan pengembang anti virus. Itulah kenapa anda sering mendapat uji coba penggunaan antivirus secara gratis, tapi hanya dalam tempo waktu tertentu saja.


Sesudah itu tertarik dengan antivirusnya dengan segala fiturnya, maka anda harus membayar dalam jumlah tertentu. Itulah kenapa shareware juga dikenal juga dengan istilah trialware.


5. Malware


Perangkat lunak ini dianggap sebagai perusak sehingga berbahaya bila disalahgunakan. Tujuan pembuatan software ini memang untuk menyusup bahkan merusak sistem jaringan komputer. Tentunya tanpa seizin dari pemiliknya. Istilah malware sudah umum dipakai sebagai penamaan bagi perangkat lunak yang sanggup mengganggu perangkat komputer.


Contoh produk malware mencakup spyware (perangkat lunak pengintai), adware (perangkat lunak untuk iklan yang tidak transparan atau tidak jujur), virus komputer dan sebagainya sebagai software yang dibentuk dengan tujuan jahat. Contoh lainnya yaitu software Bancos, yang sanggup mencuri data dari komputer orang lain.


Jadi ketika penggunanya membuka website bank, maka software ini akan melaksanakan kamuflase atau mengalihkannya ke situs bank phising atau palsu. Sehingga seluruh data nasabah sanggup dicuri dengan dukungan malware tersebut.


6. Open Source Software


Sesuai namanya perangkat lunak ini bersifat terbuka, sehingga anda sanggup mengaksesnya secara gratis. Sesuai namanya, maka kode sumbernya terbuka biar sanggup dipelajari, kemudian dimodifikasi biar fungsinya meningkat, dan seterusnya boleh disebarluaskan untuk pengguna lainnya. Kaprikornus perangkat lunak ini biasanya dikelola oleh komunitas tertentu.


Meskipun sifatnya terbuka, tapi tetap harus dipakai sesuai dengan ketentuan dan susila tertentu. Contoh dari perangkat lunak ini yaitu Linux, yang fungsinya setara dengan Microsoft Windows.



Contoh Perangkat Lunak


 maka memerlukan perangkat lunak atau software » PERANGKAT LUNAK : Pengertian, Fungsi, Contoh  Macam Macam Software
pixabay.com

Dengan mengenal bermacam perangkat lunak, maka anda sanggup memahami bermacam-macam produk dan fungsinya. Ada banyak teladan dari software yang lazimnya dipakai oleh masyarakat. Berikut ini beberapa kategori dan contohnya.


1. Software System


Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dipakai sebagai sistem operasi komputer. Contohnya yaitu Linux, Mac dan Windows. Sistem operasi Windows lebih banyak dipakai alasannya yaitu harganya lebih murah daripada Mac.


Wajar saja jika pengguna Windows relatif lebih banyak ketimbang Mac dan Linux. Meskipun Linux tidak berbayar alasannya yaitu bersifat open source, tapi tetap kalah jumlah penggunanya dari Windows. Sebab Windows lebih gampang dalam cara pengoperasiannya.


2. Software Browser


Ketika anda ingin mencari gosip tertentu, biasanya akan melakukannya dengan dukungan situs pencari. Beberapa teladan perangkat lunaknya yaitu Opera Mini, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome dan sebagainya.


Dari segi banyaknya pengguna, Chrome menempati posisi tertinggi. Sebab tampilannya lebih rapi, sehingga lebih nyaman dan menyenangkan ketika digunakan.


3. Microsoft Office


Sesuai namanya perangkat lunak ini memang mempunyai fungsi sebagai penunjang urusan perkantoran. Seperti pengetikan dokumen, akuntansi, media presentasi dan sebagainya. Sejumlah teladan dari software ini yaitu Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Publisher dan sebagainya.


4. Paint Software


Perangkat lunak ini berfungsi sebagai pengolah gambar atau desain. Sehingga anda sanggup menciptakan gambar atau pola tertentu, melaksanakan editing dan sebagainya. Beberapa teladan softwarenya yaitu Corel Draw, Adobe Photosoft, Paint dan sebagainya.


5. Software Anti Virus


Serangan virus sanggup menimpa setiap komputer, khususnya yang sering berselanjar di dunia maya, kerap mengunduh file dan sebagainya. Untuk itu, komputer membutuhkan sistem proteksi biar tidak gampang terjangkit virus. Sebagai teladan yaitu AVG, Norton, Avast, Smadav dan sebagainya.


Nah, itulah beberapa gosip penting seputar perangkat lunak atau software untuk komputer. Pengembangan selalu terjadi pada spesifikasi, fitur dan fungsinya. Hal ini tentunya bertujuan untuk semakin memudahkan para pengguna komputer. Karena itu, pastikan anda selalu memakai versi terbarunya.


Advertisement

Iklan Sidebar