Pengertian Iklan adalah isu atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang biar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.
Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca biar melaksanakan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, undangan atau seruan untuk melaksanakan suatu hal. Seperti misalnya undangan untuk menanam pohon atau menjauhi narkoba.
Pembuatan iklan di media cetak dibatasi oleh ruang atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. Jadi, pembuatan iklan biasanya dibentuk singkat, padat dan berisi untuk mengurangi beban biaya penayangan.
Daftar Isi Artikel
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Berikut ini ialah pengertian atau definisi iklan berdasarkan beberapa orang yang jago dalam bidang periklanan atau yang bekerjasama dengan pemasaran.
- Iklan adalah segala bentuk pesan perihal suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, didanai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat Kriyantono).
- Iklan adalah pesan yang memperlihatkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media (Rhenald Kasali).
Fungsi dan Tujuan Iklan
Seorang praktisi komunikasi pemasaran asal Amerika serikat, Terence A. Shimp menjelaskan bahwa iklan atau periklanan mempunya beberapa fungsi, diantaranya adalah:
Fungsi Iklan
- Memberikan Informasi (Informing)
- Membujuk (Persuading)
- Mengingatkan (Reminding)
- Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah spesialis dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan mempunyai beberapa tujuan, diantaranya:
- Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ilham dan lain-lain)
- Upaya untuk menjadikan gambaran yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
- Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) perihal kebenaran suatu produk.
- Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.
Unsur Unsur Iklan
Iklan setidaknya mempunyai 2 unsur, diantarnya:
- Kalimat Deskriptif
Deskripsi iklan berkhasiat untuk menguraikan atau menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan - Kalimat Persuasif
Persuasi dalam sebuah iklan bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang biar memakai produk ataupun layanan yang diiklankan.
Ciri Ciri Iklan
Agar menerima perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :
- Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, sempurna dan sopan
- Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
- Pilihan kata yang dipakai menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
- Menggunakan pilihan kata yang dipakai menandakan sasaran.
Syarat- Syarat Iklan
Agar suatu informasi sanggup dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat syarat iklan, diantaranya.
- Iklan harus bersifat Objektif dan jujur
- Jelas dan Praktis dipahami
- Menarik perhatian banyak orang
- Tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.
Jenis Jenis Iklan
Iklan sanggup dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup digolongkan menjadi beberapa bab berikut.
1. Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya
- Iklan Niaga
Iklan niaga ialah iklan yang dibentuk dengan tujuan biar orang tertarik untuk memakai atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. misalnya iklan indomie, sprite, sajiku, iklan kendaraan dll. - Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat ialah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang biar memberikan derma atau mengikuti kampanye yang dilakukan pembuat iklan. misalnya iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup dll.
2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan
- Iklan Cetak
Iklan cetak ialah iklan yang dipublikasikan melalui media cetak menyerupai koran, majalan, surat kabar, tabloid dan sebagainya. berdasarkan ruang yang dipakai iklan jenis ini dibedakan lagi menjadi 2 bentuk, yakni Iklan baris dan Iklan Kolom - Iklan Advertorial
Iklan advertorial ialah jenis iklan yang dikemas menyerupai isu dengan bahasa penulisan jurnalistik. - Iklan Display
Hampir sama menyerupai iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom - Iklan Elektronik
Iklan elektronik ialah adalah iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan internet - Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan atau corporate advertising ialah iklan yang tujuannya untuk membangun gambaran perusahaan yang kemudian akan membangun citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut biar diminati masyarakat. misalnya seperti iklan aqua yang membantu pembuatan sumber- sumber air di kawasan terpencil. - Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat ialah iklan yang berisi himbauan atau undangan untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan sesuatu yang diiklankan. misalnya menyerupai iklan KB, iklan pencegahan demam berdarah dan iklan pencegahan narkoba.
3. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
- Iklan Pengumuman
Iklan yang isinya memberikan pengumuman mengenai suatu insiden acara ataupun lainnya. - Iklan Penerangan
Memberi penerangan perihal suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini sanggup juga disebut iklan layanan masyarakat. - Iklan Reklame
Iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang hendak dijual untuk mencari laba dan disampaikan berulang- lang melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji atau menyanjung suatu yang diawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dll.
>> Tips Dalam Membuat Iklan
Berikut ini ialah cara-cara yang sanggup dipakai saat akan menciptakan sebuah iklan.
- Gunakan kalimat yang singkat, padat, terperinci dan efektif.
- Berikan nilai tambah produk (garansi, pilihan warna dll)
- Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan sasaran pasar.
- Gunakan slogan yang gampang diingat calon konsumen dll.
Itu tadi artikel singkat mengenai pengertian iklan, macam macam atau jenis jenis iklan beserta dengan tujuan ciri ciri syarat sebuah informasi sanggup dikatakan sebagai iklan. Artikel ini disaring dari aneka macam sumber baik dari buku atau website- website lain yang membahas hal serupa.
Credits : Ainia Prihatini | Enung Nuraeni | Yuniar Bestiana | linkedin