'/> Pengertian Administrasi : Sejarah, Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen

Info Populer 2022

Pengertian Administrasi : Sejarah, Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen

Pengertian Administrasi : Sejarah, Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen
Pengertian Administrasi : Sejarah, Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen

Pengertian Manajemen yaitu suatu ilmu yang dipakai untuk memahami bagaimana dan kenapa insan bekerja sama membentuk kelompok dan organisasi untuk mencapai tujuan yang sama.


Secara etimologis, menajemen berarti seni melakukan dan mengatur semua yang ada di dalam administrasi itu sendiri, mulai dari orang, sistemnya, hingga waktu.


Manajemen yaitu proses mencapai tujuan organisasi dengan bekerja dengan dan melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya. Manajemen mempunyai 3 ciri berikut:



  • Manajemen yaitu proses atau rangkaian kegiatan yang terus berlanjut dan terkait.

  • Manajemen melibatkan dan berkonsentrasi mencapai tujuan organisasi.

  • Manajemen mencapai tujuan dengan bekerja sama dengan dan melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya




Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


Setidaknya ada beberapa pengertian administrasi yang disaring dari pendapat-pendapat ahli.



  • Manajemen yaitu seni menuntaskan pekerjaan melalui orang lain (Mary Parker Follet).

  • Manajemen yaitu bidang pengetahuan yang bekerja untuk memahami mengapa dan bagaimana insan bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan secara sistematis (Luther Gulick).


Kesimpulan




  • Pengertian Manajemen yaitu proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.




Jenjang Manajemen


 yaitu suatu ilmu yang dipakai untuk memahami bagaimana dan kenapa insan bekerja sama PENGERTIAN MANAJEMEN : Sejarah, Fungsi dan Unsur-Unsur Manajemen
pixabay.com

Dalam suatu organisasi ataupun tubuh usaha, pada umumnya mereka mempunyai 3 jenjang administrasi diantaranya:


1. Manajeman Puncak (Top Management)

Manajemen puncak berada di posisi paling tinggi dalam jenjang manajemen. Dalam strukturnya,

Umumnya mereka terdiri dari dewan direksi dan administrator utama yang mempunyai tanggung jawab dalam memutuskan hal-hal sifatnya sangat penting bagi kelangsungan perusahaan.


Manjemen puncak tugasnya yaitu memutuskan kebijakan operasional dan membimbing interaksi organisasi dengan lingkungan.


2. Manajemen Menengah (Middle Management)

Manajemen level ini umunya yaitu pimpinan suatu divisi atau departemen. Tugas administrasi menengah yaitu membuatkan planning dan menjalankan tugas-tugas yang dibebankan oleh administrasi puncak.


3. Manajemen Pelaksana (Supervisory Management)

Manajemen level pelaksana tugasnya yaitu menjalankan instruksi dan tugas- kiprah yang diberikan administrasi menengah. Manajemen pelaksana juga berfungsi sebagai pengawas para pekerja dan bertanggung jawab pada administrasi level menengah.



Fungsi Manajemen


 yaitu suatu ilmu yang dipakai untuk memahami bagaimana dan kenapa insan bekerja sama PENGERTIAN MANAJEMEN : Sejarah, Fungsi dan Unsur-Unsur Manajemen
pixabay.com

Manajemen dan kepemimpinan yang efektif melibatkan pemecahan problem yang kreatif, memotivasi karyawan dan memastikan organisasi mencapai tujuan dan sasaran. Terdapat beberapa fungsi manajemen. beberapa sumber ada yang menyebut 4,5,6 fungsi manajemen.


Namun, setidaknya terdapat 4 fungsi manajemen, diantaranya meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan. Fungsi ini memisahkan proses administrasi dari fungsi bisnis lainnya menyerupai pemasaran, akuntansi dan keuangan.




  • Perencanaan




Fungsi perencanaan administrasi mengendalikan semua perencanaan yang memungkinkan organisasi berjalan dengan lancar. Perencanaan melibatkan penentuan tujuan dan memilih tindakan tindakan yang paling efektif yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.


Biasanya, perencanaan melibatkan fleksibilitas, alasannya yaitu perencana harus berkoordinasi dengan semua tingkat administrasi dan kepemimpinan dalam organisasi. Perencanaan juga melibatkan pengetahuan ihwal sumber daya perusahaan dan tujuan bisnis di masa depan.




  • Pengorganisasian




Fungsi pengorganisasian kepemimpinan mengendalikan keseluruhan struktur perusahaan. Struktur organisasi yaitu fondasi sebuah perusahaan; Tanpa struktur ini, operasi bisnis sehari-hari menjadi sulit dan tidak berhasil.


Pengorganisasian melibatkan penunjukan kiprah dan tanggung jawab kepada karyawan dengan keahlian spesifik yang dibutuhkan untuk menuntaskan tugas. Pengorganisasian juga melibatkan pengembangan struktur organisasi dan rantai komando di dalam perusahaan.


Pengorganisasian sebagai sebuah proses umumnya melibatkan:



  • Identifikasi aktivitas.

  • Klasifikasi pengelompokan kegiatan.

  • Penugasan tugas.

  • Delegasi wewenang dan penciptaan tanggung jawab.

  • Koordinasi otoritas dan kekerabatan pertanggungjawaban


Fungsi kepegawaian administrasi mengendalikan semua kebutuhan perekrutan dan personil organisasi. Tujuan utama dari staf yaitu untuk mempekerjakan orang yang sempurna untuk pekerjaan yang sempurna untuk mencapai tujuan organisasi.


Staffing melibatkan lebih dari sekedar rekrutmen; Staf juga meliputi training dan pengembangan, evaluasi kinerja, promosi dan transfer. Tanpa fungsi kepegawaian, bisnis akan gagal alasannya yaitu bisnis tidak akan dikelola dengan baik untuk memenuhi tujuannya.




  • Pengkoordinasian




Fungsi koordinasi kepemimpinan mengendalikan semua kegiatan pengorganisasian, perencanaan dan kepegawaian perusahaan dan memastikan semua acara berfungsi bersama demi kebaikan organisasi.


Koordinasi biasanya berlangsung dalam rapat dan sesi perencanaan lainnya dengan kepala departemen perusahaan untuk memastikan semua departemen berada pada halaman yang sama dalam hal tujuan dan sasaran. Koordinasi melibatkan komunikasi, pengawasan dan kode oleh manajemen.




  • Pengontrolan




Fungsi pengendalian administrasi mempunyai kegunaan untuk memastikan semua fungsi organisasi lainnya tersedia dan berhasil beroperasi. Pengendalian melibatkan penetapan standar kinerja dan pemantauan output karyawan untuk memastikan kinerja masing-masing karyawan sesuai dengan standar tersebut.


Proses pengendalian sering mengarah pada identifikasi situasi dan problem yang perlu ditangani dengan membuat standar kinerja baru. Tingkat kinerja menghipnotis keberhasilan semua aspek organisasi. Mengontrol mempunyai beberapa langkah sebagai berikut:



  • Pembentukan kinerja standar.

  • Pengukuran kinerja aktual.

  • Perbandingan kinerja konkret dengan standar dan mencari tahu penyimpangan jikalau ada.

  • Tindakan perbaikan.



Unsur Manajemen


 yaitu suatu ilmu yang dipakai untuk memahami bagaimana dan kenapa insan bekerja sama PENGERTIAN MANAJEMEN : Sejarah, Fungsi dan Unsur-Unsur Manajemen
pixabay.com

Setidaknya terdapat 6 unsur-unsur administrasi diantaranya:



  • Man (Orang)


Unsur yang pertama yaitu orang, man, human. Tanpa kita, sebuah organisasi tak akan sanggup terbentuk. Kita yang mendirikan kita juga yang menjalankannya



  • Material (Bahan)


Tanpa bahan, sumber daya insan dibentuk berlebihan. Kaprikornus setiap organisasi perencanaan berpikir dan perencanaan yang benar tahu bahwa materi yang dibutuhkan untuk bisnis atau layanan apa pun harus ada sebelum ‘manusia’ sanggup dipakai dalam acara bisnis apa pun.


Departemen rantai pasokan tumbuh dari pedoman ini dan telah menjadi aspek administrasi bisnis yang sangat mempunyai kegunaan dan efektif. Sekelompok pekerja pabrik semenn yang menunggu pasokan kerikil kapur mungkin tidak banyak membantu selama persediaan tidak sampai.


Bahkan jikalau itu datang, tapi dengan kualitas buruk, produksinya niscaya akan macet. Kualitas yang dikompromikan yaitu bisnis yang dimiskinkan. Kualitas materi yang jelek berpotensi merusak kewiraswastaan. Ini yaitu fakta yang tak terbantahkan.



  • Machine (Mesin)


Alat-alat logam yang disebut mesin membuat insan memenuhi hampir banyak sekali cita-cita untuk membuat sesuatu yang membuat eksistensi kita lebih berharga. Mesin telah menggantikan insan dalam mengolah, menanam, dan memanen.


Manusia telah diganti dengan alat tenun dalam pengolahan kapas dan kain. Usaha-usaha lain yang tak terhitung jumlahnya yang membutuhkan pengerahan tenaga fisik telah diambil alih oleh hal-hal yang diperbaiki dengan roda gigi, baut dan mur dan ban berjalan.


Baru-baru ini, komputer bergabung dalam keributan peningkatan produksi dan pengurangan waktu yang dihabiskan insan untuk manufaktur dan produksi barang dan jasa secara umum. Namun, tanpa insan dan bahan, mesin tidak ada gunanya.


Mereka perlu dioperasikan oleh insan dan diberi makan dengan bahan. Itu lagi yaitu fakta yang tak diragukan lagi.



  • Money (Uang)


Tanpa uang, tidak ada perjuangan atau perjuangan yang sanggup memotivasi pekerja, mendapat materi berkualitas dan memadai, mendapat mesin yang sempurna dan merawatnya atau bahkan memastikan waktu tersebut dikelola dengan baik.


Pengelolaan uang, bila tidak diatur dengan baik telah menjadi faktor yang paling dikenal yang terlibat dalam keruntuhan perusahaan dalam sejarah. Kuantitas dan kualitas uang yang dikeluarkan dalam perjuangan mempunyai efek eksklusif terhadap keberhasilan yang sama dari waktu ke waktu.


Bagian akun telah direvolusi selama bertahun-tahun, oleh manusia, untuk memastikan operasi maksimal organisasi bisnis yang bertahan. Bila tidak ada cukup uang, tidak ada pekerja, bahan, atau mesin yang baik sanggup dipekerjakan atau dibeli atau diperoleh. Dengan kata lain, perjuangan semacam itu akan menghabiskan waktu yang ada di kawasan pertama.



  • Method

  • Market



Sejarah Manajemen


 yaitu suatu ilmu yang dipakai untuk memahami bagaimana dan kenapa insan bekerja sama PENGERTIAN MANAJEMEN : Sejarah, Fungsi dan Unsur-Unsur Manajemen
pixabay.com

Teknik administrasi sudah ada semenjak lama, praktik administrasi relatif baru. Sebelum dimulainya Revolusi Industri di Inggris era ke-17, beberapa bentuk organisasi muncul yang mengharuskan penggunaan “manajer” untuk berhasil mencapai tujuan organisasi.


Yang paling menonjol di antara organisasi-organisasi ini yaitu negara bagian, gereja, dan militer. Di dalam organisasi inilah kita sanggup mengidentifikasi gagasan awal ihwal bagaimana administrasi harus dipraktekkan.


Dengan munculnya desa-desa dan kota-kota di peradaban kuno, menyerupai yang ditunjukkan oleh masyarakat Yunani, Romawi, dan China, datanglah kebutuhan untuk mengelola pembangunan jalan, memutuskan prinsip peradilan untuk mengawasi perdagangan dan menuntaskan perselisihan, menyediakan sarana untuk mendistribusikan persediaan pangan.


Untuk mengendalikan pengumpulan pajak, dan untuk mengawasi kegiatan militer baik di dalam negara maupun di wilayah yang sanggup dikuasai.


Di temukan dalam tulisan-tulisan dari orang-orang Mesir awal, Ibrani, Yunani, dan Roma yang menyatakan perlunya manajer yang efektif dengan klarifikasi ihwal kiprah dan tanggung jawab yang ditugaskan pada posisi mereka, kebutuhan akan pelatihan, dan kebutuhan untuk mengendalikan acara di tangan otoritas terpusat menyerupai kaisar.


credits: Drs Alam S., MM,  dll


Advertisement

Iklan Sidebar