'/> Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Efek Referensi Pencemaran Air

Info Populer 2022

Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Efek Referensi Pencemaran Air

Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Efek Referensi Pencemaran Air
Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Efek Referensi Pencemaran Air

Pencemaran Air – Air ialah sumber daya alam yang diharapkan manusia. tanpa air yang higienis insan tidak sanggup minum, mandi, memasak, mencuci dan lain sebagainya.


Selain menjadi sarana kebutuhan manusia, air juga menjadi kawasan makhluk hidup jenis binatang atau tumbuhan berkembang biak. Celakanya, di Indonesia kualitas kebersihan air semakin menurun dari tahun ke tahunnya.


Pencemaran air terjadi dimana-mana, hal ini disebabkan oleh sikap insan yang sering membuang sampah ke sungai ataupun perusahaan-perusahaan industri yang membuah limbah pabriknya ke aliran sungai. Mengkhawatirkan memang! 




Pengertian Pencemaran Air


Air ialah sumber daya alam yang diharapkan insan PENCEMARAN AIR : Pengertian, Penyebab, Dampak  Contoh Pencemaran Air
pixabay.com

Pencemaran air ialah masuknya komponen, energi atau zat tertentu ke dalam air oleh acara manusia, sehingga menjadikan kualitas air turun hingga tingkat terentu dan tak sanggup dipakai sesuai peruntukannya.


Pencemaran air terjadi di hulu sungai, sungai, danau dan juga lautan. Sumber pencemaran air kebanyakan berasal dari sampah rumah tangga dan juga limbah pabrik yang sengaja di buang ke wilayah perairan.


Ciri-ciri air yang terkontaminasi sanggup dilihat dari warna, wangi dan juga rasanya. Selain itu juga sanggup diukur dari derajat keasaaman dan jumlah mikroorganisme dalam air. Namun, untuk mengukur apakah air terkontaminasi secara akurat, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.


 


Penyebab Pencemaran Air


Air ialah sumber daya alam yang diharapkan insan PENCEMARAN AIR : Pengertian, Penyebab, Dampak  Contoh Pencemaran Air
pixabay.com

Pencemaran air disebabkan oleh banyak sekali, faktor-faktor penyebabnya tidak sama antara satu dengan yang lain, dalam hal ini karakternya. Berikut dibawah ini beberapa faktor yang menjadi penyebabnya :



  • Kandungan nutriennya mengalami peningkatan, menjurusnya kepada sesuatu yang dinamakan eutrofikasi.

  • Air kekurangan oksigen dalam jumlah yang banyak yang berdampak sangat hebat pada ekosistem secara keseluruhan. Kurangnya oksigen yang ada di air diakibatkan oleh sampah organik yang berasal dari air comberan. Inilah yang pada balasannya berakibat pada pencemaran air.

  • Oksigen yang banyak berkurang di dalam air yang menjadikan airnya terkontaminasi sanggup diakibatkan oleh air limbah yang berisi bermacam-macam polutan hasil dari industri-industri. Misalnya menyerupai minyak, nutrien, toksin organik, logam berat dan padatan. Air yang berkurang oksigennya dalam jumlah yang banyak juga disebabkan lantaran dampak termal yang dimiliki oleh air limbah. Pembangkit listrik, salah satunya yang paling banyak mengeluarkan air limbah.

  • Sungai Citarum yang dikotori atau dicemari oleh limbah yang berasal dari beberapa pabrik yang berada di sekitarnya.

  • Sampah juga sanggup menjadikan air tercemar.

  • Para nelayan yang biasa menangkap ikan di tengah maritim dengan menggunakan materi peledak juga sanggup mengakibatkan air maritim tercemar.


 


Dampak Pencemaran Air


Air ialah sumber daya alam yang diharapkan insan PENCEMARAN AIR : Pengertian, Penyebab, Dampak  Contoh Pencemaran Air
pixabay.com

Berikut di bawah ini beberapa dampak yang diakibatkan oleh air yang sudah terkontaminasi :



  • Bisa menjadikan datangnya tragedi alam banjir, bahkan sanggup saja terjadi banjir bandang.

  • Berakibat pada erosi.

  • Sumber air usang kelamaan menjadi berkurang.

  • Berbagai macam penyakit sanggup tiba lantaran air yang tercemar, airnya kotor.

  • Bisa menjadikan tanahnya longsor.

  • Ekosistem sungai sanggup terganggu.

  • Tanah-tanah menjadi tidak subur lagi, kalaupun masih subur kesuburannya sudah jauh berkurang

  • Para nelayan menjadi rugi, bahkan sanggup jadi kerugiannya akan besar sekali lantaran ikan-ikan yang mereka tangkap sudah tercemari, sudah tidak manis kualitasnya, air lautnya sudah dicemari oleh materi peledak.


 


Contoh Pencemaran Air


Air ialah sumber daya alam yang diharapkan insan PENCEMARAN AIR : Pengertian, Penyebab, Dampak  Contoh Pencemaran Air
balebandung.com

Banyak sekali rujukan yang diakibatkan oleh pencemaran air, berikut di bawah ini uraiannya :



  • Tanpa lewat pengolahan yang baik limbah yang berasal dari industri atau pabrik dibuang begitu saja ke sungai. Ekosistem sungai sanggup terganggu lantaran senyawa toksik yang ada pada limbah tersebut, berbahaya sekali.

  • Sungai yang menjadi media untuk membuang sampah.

  • Ikan yang ada di maritim yang ditangkap dengan menggunakan materi peledak. Jelas sangat berbahaya lantaran sanggup menciptakan ekosistem maritim dan biota yang ada di dalam maritim terganggu keseimbangannya. Ikan, makhluk hidup lainnya menyerupai terumbu karang yang hidup di bawah maritim sanggup rusak kondisinya, bahkan yang lebih parah lagi banyak yang mati.

  • Limbah rumah tangga (sampah yang dibuang dari rumah tangga yang tidak disortir terlebih dahulu), limbah nuklir dan minyak yang tumpah di tengah maritim merupakan rujukan yang lainnya lagi dari pencemaran air.


 


Penanggulangan Pencemaran Air


Supaya tidak berlarut-larut, air yang terkontaminasi harus segera diatasi dengan cara yang paling tepat. Berikut cara penanggulangan pencemaran air yang paling baik :



  • Industri atau pabrik sebaiknya berlokasi di kawasan yang jauh dari pemukiman padat penduduk. Tujuannya untuk mencegah lingkungan air, lingkungan darat dan lingkungan udaranya tercemari.

  • Zat-zat kimia dan pestisida harus mendapat pengawasan yang ekstra, jangan hingga penggunaannya di luar batas kewajaran, dipakai tidak semestinya. Karena jika hingga berlebihan pemakaiannya akan mengakibatkan predatornya banyak yang mati. Jika sudah demikian hama akan bertambah banyak.

  • Buanglah selalu sampah pada tempatnya. Sangat dianjurkan untuk mengelola sampah dengan cara yang baik. Harus dipisahkan mana sampah organik dan mana yang sampah bukan organik. Dengan begini pencemaran air sanggup dicegah, sanggup ditanggulangi.

  • Terus-menerus dilakukan upaya untuk mereboisasi hutan. Tujuannya biar air sanggup selalu terjaga keseimbangannya dengan baik. Hutan-hutan yang gundul ditanami lagi. Kalau tanamannya sudah tumbuh menjadi pohon yang lebat lagi, mempunyai manfaat yang besar sekali mengikat air di dalam tanah. Dengan demikian air yang ada di dalam tanah sanggup selalu terjaga keseimbangannya.

  • Menanggulangi pencemaran air juga sanggup tiba dari diri kita sendiri, Contohnya dengan sebisa mungkin mendaur ulang sampah. Sampah dan botol yang terbuat dari plastik didaur ulang menjadi bahan-bahan yang berguna, contohnya dijadikan dompet, tas, sandal dan banyak sekali produk yang lain.

  • Kesadaran yang terus ditumbuhkan dalam diri kita untuk lebih menyayangi lingkungan, menjaga kelestarian lingkungan, sumber daya alam, dalam hal ini air dengan lebih baik dari sebelumnya juga sanggup mencegah bahkan menanggulangi pencemaran air.


Advertisement

Iklan Sidebar