'/> Dokumen 1 Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah

Info Populer 2022

Dokumen 1 Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah

Dokumen 1 Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah
Dokumen 1 Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah
Kami kini membahas perihal klarifikasi buku dokumen pembelajaran Kurikulum 2013 SD Revisi Baru untuk materi pembelajaran guru sekolah pelaksana K13.

A. Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD

Isi dari dokumen ini merupakan langkah uji coba penerapan kurikulum 2013 khusus untuk jenjang SD yang sudah diterapkan di sebagian sekolah, akan tetapi belum semua kelas hanya kelas 1 dan kelas 4. Mungkin tahap selanjutnya apabila pencapaian sasaran berhasil jadwal tersebut akan dilaksanakan oleh semua sekolah.
Kami kini membahas perihal klarifikasi buku dokumen pembelajaran Kurikulum  Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD dan Madrasah Ibtidaiyah

Alangkah baiknya anda memahami beberapa klarifikasi isi buku dokumen kurikulum 2013 yang terdiri dari :

a.1 Struktur kurikulum 2013

Beban berguru sebetulnya dihitung dalam jam berguru setiap ahad untuk masa berguru selama 1 semester. Beban berguru di SD Tahun I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34
sedangkan untuk Tahun IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam berguru SD ialah 40 menit.
Orientasi kompetensi mata pelajaran kelompok A lebih kepada aspek intelektual dan afektif sedangkan mata pelajaran kelompok B lebih mementingkan pada aspek afektif dan psikomotor.

File klarifikasi lengkap bisa anda download Via Google Drive 

a.2 Strategi implementasi kurikulum 2013

Implementasi kurikulum 2013 SD merupakan perjuangan bersama antara Pemerintah dengan pemerintah tempat provinsi dan pemerintah tempat kabupaten/kota. kemdikbud yang bertanggungjawab dalam mempersiapkan guru dan kepala sekolah untuk melaksanakan K13, juga melaksanakan penilaian pelaksanaan kurikulum secara nasional.
Untuk tahapan pemerintah provinsi bertanggungjawab dalam melaksanakan supervisi dan penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum di propinsi terkait.
Pemerintah tingkat kabupaten/kota bertanggungjawab dalam menunjukkan pinjaman profesional kepada guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan kurikulum di kabupaten/kota terkait.

File ini merupakan klarifikasi lengkap mengenai isi seni administrasi implentasi kurikulum.
Silahkan Download Via Google Drive

a.3 Pembelajaran tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu dilaksanakan dengan memakai prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu memakai tema sebagai pemersatu aktivitas pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka.

Pembelajaran tematik terpadu bermanfaat untuk menunjukkan pengalaman yang bermakna bagi akseptor didik, alasannya ketika akseptor didik memahami aneka macam konsep selalu melalui pengalaman pribadi dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dikuasai sebelumnya.

File Selengkapnya download via Google Drive

a.4 Konsep saintifik

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu memakai pendekatan saintifik.

Pendekatan saintifik dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan  untuk semua mata pelajaran

File selengkapnya bisa anda dapatkan di pengertian 5 M santifik

a.5 Pemetaan SKL, KI dan KD

Dalam sasaran pemetaan Standar kelulusan anda fokus terhadap 3 poin berikut yang pertama sikap siswa harus hingga mempunyai sikap yang mencerminkan sikap  orang yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta  dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. kedua keterampilan siswa harus memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abnormal dan positif  terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Ketiga pengetahuan siswa yang memiliki pengetahuan Prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan insiden yang tampak mata yang meliputi penyebab, alternatif solusi, hambatan dan solusi akhir. 

File selengkapnya download via Google Drive


Agar pencapai Standar kelulusan bisa tercapai anda harus mempelajari bagaimana cara penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP Kurikulum 2013 untuk jenjang SD.

B. RPP K13 SD

b.1 Pengertian RPP 

Seorang guru wajib memilki jadwal rencana pembelajaran yang dikembangkan dari silabus guna mengarahkan proses aktivitas berguru mengajar dengan siswa hingga tercapainya Komptensi Dasar dan Kompetensi Inti. 

b.2 Langkah Penyusunan RPP

Untuk mengetahui cara menyusun RPP  yang baik dan benar, butuh pengkajian secara nyata dalam menyusun RPP secara lengkap dan sistematis semoga seorang guru ketika melaksanakan proses mengajar berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisifasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai  dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Silahkan kunjungi pembahasan penyusunan RPP K13 SD yang disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih, untuk guru pemegang kelas 1 dan 4 sudah tersedia pola RPP K13 kelas 4 SD edisi gres semester 1 dan 2 semua tema pembelajaran dan RPP K13 Kelas 1 SD revisi gres semua tema untuk dijadikan materi pembelajaran dalam aktivitas mengajar dilingkungan sekolah.

Demikian uraian kami mengenai dokumen 1 kurikulum 2013 sd format doc yang bisa anda manfaatkan dalam melaksanakan kiprah di sekolah. Terima kasih atas kunjungannya apabila ada yang tidak berkenan kami mohon maaf.
Advertisement

Iklan Sidebar