'/> Cara Mendapat Uang Dari Youtube Dengan Aneka Macam Metode

Info Populer 2022

Cara Mendapat Uang Dari Youtube Dengan Aneka Macam Metode

Cara Mendapat Uang Dari Youtube Dengan Aneka Macam Metode
Cara Mendapat Uang Dari Youtube Dengan Aneka Macam Metode

Halo sahabat insprilo sekalian, di artikel kali ini Inspirilo akan membahas perihal Youtube dan bagaimana cara mendapat uang dari Youtube. Seperti kita tahu kini ini Youtube bukanlah sekadar media menyebarkan video. Tapi lebih dari itu Youtube sanggup dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan/uang melalui banyak sekali jadwal yang disediakan.


Sudah bukan diam-diam lagi bahwa banyak sekali pemain Youtube (Youtubers) yang sukses. Mereka sanggup mendulang rupiah dalam jumlah banyak dari kegiatan kreasi konten video dan menguploadnya ke Youtube.


Youtubers Revolutions


Salah satu Youtuber populer asal Inggris dengan Channel Game nya yaitu PewDiePie juga sanggup menjadi super jutawan hanya dengan Youtube. Dan juga Youtuber kenamaan asal Amerika, yaitu Casey Neistat yang juga baru-baru ini tiba ke Indonesia untuk menghadiri sebuah acara. Ia juga merupakan Youtuber yang telah terbukti sukses sanggup menghasilkan/mendapatkan uang dari Youtube dan menjadi jutawan darinya.


 akan membahas perihal Youtube dan bagaimana cara mendapat uang dari Youtube Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Berbagai Metode


Itu produk luar negerinya. Di Indonesia sendiri juga tidak kalah. Kita banyak mengenal para Youtuber, yang kemudian juga dikenal dengan istilah Seleb Youtube yang juga berhasil. Sebut saja Channel Youtube miliknya Chandra Liow, Edho Zell, Reza Arap, Last Day Production, Raditya Dika dan lain sebagainya.


 akan membahas perihal Youtube dan bagaimana cara mendapat uang dari Youtube Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Berbagai Metode


Mereka ialah para pemain usang di Youtube dan kini telah mencicipi buah hasil dari pekerjaan yang mereka tekuni di Youtube. Sebuah pekerjaan yang barangkali oleh sebagian besar orang dianggap main-main saja, kerjaannya seorang pengangguran, dan lain sebagainya. Tapi nyatanya, penghasilan mereka sanggup belipat-lipat jumlahnya dari orang kebanyakan.


Itu hanya yang kelihatan. Yang berjuang dalam diam, dengan tidak menampakkan identitas dirinya di Youtube juga lebih banyak. Dan mereka juga berhasil dalam membangun channelnya sehingga sanggup menjadi sumber penghasilan tanpa batas.


Sebut saja salah satunya yakni Channel YtCrash dan Calon Sarjana. Dua channel ini sanggup dibilang merupakan channel Inspiratif. Isinya menyajikan banyak informasi menarik dalam bentuk daftar ibarat halnya jadwal On The Spot. Lalu dikemas dengan gaya penyampaian dan editing video yang mantap, punya ciri khas. Tidak heran, subscribernya juga telah menyentuh angka ratusan ribu jumlahnya.


Lalu berapa penghasilan dari Youtube yang sanggup didapat? Pastinya beragam, tergantung Channelnya.


Dilansir dari situs SocialBlade, penghasilan channel YtCrash saja sanggup menyentuh angka $128.000 per tahunnya. Lihat data screenshot di bawah ini.


 akan membahas perihal Youtube dan bagaimana cara mendapat uang dari Youtube Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Berbagai Metode


Kalau dikonversikan ke mata uang Rupiah dengan kurs ketika ini, itu sekitar 1,7 Milyar rupiah.


 akan membahas perihal Youtube dan bagaimana cara mendapat uang dari Youtube Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Berbagai Metode


Mengejutkan, bukan? Itu memang bukan angka pasti, melainkan hanya taksiran. Untuk pastinya, hanya si Youtuber yang tahu. Untuk taksiran penghasilan Youtuber lainnya juga sanggup sahabat pantau di situs tersebut dengan Cuma mengetikkan username channel-nya.


Youtube Lebih dari TV. Boom!


Maka tidak heran juga belakangan ini kita sering mendengar istilah Youtube lebih dari TV. Dengan Youtube kita sanggup menonton apapun dan kapanpun. Kaprikornus tidak ada lagi yang namanya ketinggalan isu alasannya ialah tidak sempat menontonnya di TV. Atau tidak ada lagi tuh namanya ketinggalan update skor pertandingan sepak bola alasannya ialah tidak menonton TV. Kita sanggup update informasi semua itu via Youtube.


Yodhia Antariksa dalam satu postingannya blognya menyebutkan bahwa akan ada saatnya industri TV mengalami kemunduran. Tergantikan dengan yang namanya Youtube. Banyak data nyata di Amerika yang memperlihatkan bahwa televisi makin banyak ditinggalkan oleh para pemirsanya.


 akan membahas perihal Youtube dan bagaimana cara mendapat uang dari Youtube Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Berbagai Metode


Berbagai studi dunia online pun juga memprediksi bahawa setidaknya hingga tahun 2020 ini eranya video akan semakin menjadi-jadi. Informasi dalam bentuk video menjadi paling favorit ketimbang dalam bentuk teks dan audio. Karena dalam video itu sendiri juga sudah memuat elemen-elemen tersebut, baik itu audio, teks dan lainnya.


Maka tidak heran, beberapa social media populer ibarat Facebook dan Instagram juga kini semakin mengoptimalkan fitur video. Karena memang kini eranya ibarat itu.


Cara mendapat uang dari Youtube


Baik hal tersebut di atas hanya sebagai pengetahuan saja. Sesuai dengan judulnya, inti daripada artikel ini ialah menjelaskan perihal cara mendapat uang dari Youtube. Dan yang penting kita kini tahu, bahwa Youtube itu lebih dari sekadar situs video sharing.


Jadi jangan heran dan bingung. Kenapa para Youtuber rela mengorbankan waktunya demi membuat dan mengedit video, kemudian di-upload ke Youtube. Dan jangan pula men-judge mereka sebagai pengangguran, yang gak ada kerjaan, “kerjaannya main-main, rekam-rekam video doang”. Ya memang ibarat itulah kerjaannya. 🙂


Oke bagaimana bantu-membantu cara mendapat uang atau penghasilan dari Youtube? Bagaimana Youtube sanggup jadi sumber penghasilan, dan metode apa saja yang sanggup dilakukan untuk sanggup mendatangkan uang dari Youtube. Dan berikut ialah beberapa metode atau cara mendapat uang dari Youtube yang sanggup juga sahabat lakukan.


Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan menjadi Youtube Partner (Program Youtube Adsense)


 akan membahas perihal Youtube dan bagaimana cara mendapat uang dari Youtube Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Berbagai Metode


Perlu diketahui bahwa Youtube merupakan satu-satunya Social Media yang menyediakan fitur Content Monetizing (bisa menguangkan konten). Walaupun kini ini social media Facebook juga dikabarkan akan menyematkan fitur yang sama dengan Youtube dalam urusan monetisasi konten. Namun tentu belum sanggup menandingi Youtube dalam urusan fitur video.


Nah dari mana sumber uangnya? Jawabannya simpel, yaitu dari Iklan.


Kita tahu bahwa dalam bisnis media informasi, salah satu yang jadi komoditas utama ialah iklan. TV swasta sanggup mengantongi rupiah dalam jumlah melimpah Cuma dengan menampilkan iklan produk yang berdurasi kurang dari 30 detik.


Pun begitu dengan Youtube. Trafik yang banyak di Youtube membuat banyak perusahaan kini menjadi advertiser (pengiklan) dan mengiklankan produk mereka di Youtube. Yakni melalui kemudahan Google Adwords. Note: Youtube juga salah satu produknya Google.


Nah dengan iklan-iklan dari para advertiser tersebut, kita berkesempatan mendapat uang dengan cara menjadi publisher (penayang) iklannya. Caranya yaitu dengan mendaftar di Program Google Adsense. Atau kemudian dikenal juga dengan Youtube Adsense, alasannya ialah iklan Adsense-nya ditayangkan di video Youtube.


Adapun kalau kita telah mendaftar sebagai Publisher Adsense, maka kita sanggup me-monetize konten video yang telah di-upload. Setelah di-monetize, maka iklan tersebut akan tayang di video yang kita upload tersebut. Dan bila ada orang atau pengunjung yang menonton video tersebut. Kemudian juga mengklik iklan yang muncul, maka kita kita akan mendapat sejumlah uang dari perklik iklan di  Youtube. Semakin banyak viewers, maka potensi klik juga makin banyak dan tentunya penghasilan pun juga sanggup meningkat.


Mungkin sahabat juga sering melihat tayangan iklan di Youtube. Baik itu iklan banner di samping dan di bawah video. Ataupun iklan jenis Skipable Ads, yang sanggup diskip. Jenis-jenis iklan tersebut merupakan sumber uang bagi para Youtuber. Kurang lebih ibarat itu.


Adapun secara singkat, yang harus kita lakukan dalam untuk menjadi Youtube Partner dan menghasilkan uang dari Youtube ialah sebagai berikut:


1. Membuat Akun Youtube dengan akun Google (Gmail)


Tentu caranya sangat mudah. Sobat tinggal buat akun Gmail di mail.google.com atau kalau sudah punya, eksklusif masuk saja ke Youtube.com. Lalu buat Channel baru.


2. Rutin dalam membuat, mengedit dan mengupload video ke Channel


Youtube merupakan anak perusahan Google. Yang mana kita tahu, dalam urusan mesin pencari, Google ialah rajanya. Sejalan dengan itu, Youtube ialah juga rajanya mesin pencari dengan konten video. Dan dengan algoritma yang dipunyai, Youtube akan sangat menyukai channel-channel yang rutin update dan upload video.


Karena dianggapnya channelnya hidup, bukan Cuma nyampah. Rekomendasi ialah upload 1 hingga 3 video per hari. Karena kaan sangat membantu dalam meningkatkan viewers dan subscriber. Reputasi channel pun ikut meningkat.


3. Upload Video Original (bebas Copyrights) dan Tidak Reupload


Untuk urusan originalitas, kita patut acungi jempol ke Youtube ini. Konten yang kita upload haruslah video original hasil karya dan edit sendiri. Bukan dengan mengambil video orang lain kemudian meguploadnya di channel pribadi.


Youtube akan cenderung mengabaikan channel-channel yang cuma berisi konten reupload. Bahkan dalam jangka waktu tertentu sanggup eksklusif ditendang dan hilang. Apalagi kalau si pemiliki Copyrights (hak cipta) melaporkannya. Sekalipun masih kondusif dan ada iklan adsense yang tampil, itu biasanya pendapatnnya akan mengalir ke kantong si pemilik hak cipta.


4. Mendaftar / membuat Akun Google Adsense Hosted


Untuk menjadi seorang Youtube Partner, maka kita harus daftar di Program Google Adsense. Untuk mendaftarnya sanggup dilakukan dengan mengunjungi Dashboard akun youtube, dan masuk ke sajian Monetization.


Nantinya akun tersebut akan jadi media penampung dollar yang dihasilkan dari setiap klik iklan pada video Youtube.


5. Optimasi Channel / Meningkatkan Popularitas channel


Hal berikutnya yang harus dilakukan ialah mengoptimalkan channel Youtube biar lebih dikenal dan jadi popular. Salah satu caranya ialah dengan rutin upload video, dan membagikannya ke Social media lain ibarat Facebook dan lain-lain.


Terkait konten video yang diupload, itu diadaptasi dengan apa yang kita bisa. Kita sanggup membuat konten tutorial komputer dengan cara screen recording. Ataupun kalau mahir masak, sanggup buat video perihal resep masakan. Jika sahabat cukup pede untuk berkicau di depan kamera, buatlah Vlog sebagaimana yang biasa para Youtuber lakukan.


Semakin sering upload video, semakin banyak viewers. Subscribers membludak, penghasilan pun jadi tak terbendung tentunya. Enak apa enak? Hehe.


Ya tapi niscaya semua itu butuh perjuangan. Chandra Liow sanggup hingga ibarat kini juga bermula dari video alakadarnya.


Edho Zell menjadi salah satu channel dengan penghasilan terbesar di Indonesia. Dan Edho memulainya dengan video komedi sederhana resolusi rendah yang ia rekam memakai kamera webcam di kamarnya.


Cara Menghasilkan Uang dari Youtube dengan Memasang iklan berdikari atau Sponsorship (Endorsement)


Cara berikutnya untuk menghasilkan uang dari Youtube ialah dengan media iklan mandiri. Dalam artian melalui video yang kita upload tersebut, kita juga sanggup menyelipkan pesan jualan untuk produk sendiri. Seperti banyak dilakukan oleh para Youtuber, misalnya menjual merchandise berupa kaos, topi dan lain sebagainya.


Atau sanggup saja kita membuat video yang memang berisi konten promosi produk dengan disertai kontak telepon kita sebagi penjual. Kemudian dioptimasi sedemikian rupa sehingga sanggup muncul di halaman pertama dan menjaring banyak pengunjung. Sehingga membuat closing penjualan.


Atau kalau channel Youtube kita sudah besar, maka pastinya akan banyak individu maupun perusahaan yang ingin proudknya direview. Istilah lainnya yaitu Endorsement. Kaprikornus pihak pengiklan biasanya akan mengirimkan produknya ke Youtuber. Untuk kemudian si Youtuber itu mereview produknya, disampaikan kelebihan dan kekurangannya. Dan dari kegiatannya mereview produk, juga mem-videokannya, maka Youtuber mendapat fee / penghasilan dari perusahaan.


Nilai rupiah dari kerjasama endorsement ini sanggup sangat besar, tergantung tingkat popularitas sebuah channel.


Memanfaatkan Youtube untuk bisnis Affiliasi (Affilate Marketing)


Selain kedua hal di atas, cara mendapat uang dari Youtube berikutnya ialah dengan memanfaatkannya untuk jualan produk affiliasi. Pemain bisnis affiliasi disebut dengan Affiliate Marketer. Prinsip kerja bisnisnya ialah menjualkan barang / produk milik orang lain.


Kemudian kalau terjadi penjualan atas referrensinya, maka si Affiliate marketer tersebut akan mendapat komisi. Besar komisinya sanggup beragam, tergantung kebijakan dari pemilik produk affiliasi tersebut. Namun biasanya nilai komisi berada di kisaran 30% – 50% dari harga jual.


Jadi dalam hal ini seorang Affiliater Marketer dituntut untuk membuat sebuah video berisi review produk yang ingin dipromosikan. Kemudian dalam deskripsi videonya disematkan link affiliasi. Yang mana kalau ada yang mengunjunginya, dan terjadi penjualan, ktia sebagai Affiliate marketer sanggup eksklusif mendapat persenan komisi.


Di Indonesia sendiri, kita sanggup mendaftar sebagai Affliate Marketer di Marketplace yang menjual produk digital berupa ebook dan tutorial. Salah satunya yang paling populer ialah ratakan.com.


Di sana kita sanggup mendapat list produk yang siap kita pasarkan, dengan nilai komisi yang sangat menggiurkan. Dan tentu Youtube sanggup jadi sumber trafik yang bukan mustahil menghasilkan banyak penjulanan.


Kesimpulan


Nah itulah beberapa metode cara mendapat uang dari Youtube yang sanggup sahabat terapkan. Dari semua cara yang ada, yang jadi pilihan favorit memang masih AdSense. Namun metode yang lain ibarat jualan produk via Youtube juga pastinya tidak sanggup dikesampingkan.


Namun semua itu tentu tidak sanggup dicapai kalau kita tidak mempunyai channel yang elok dan banyak ditonton orang. Kaprikornus kalau Anda memang tertarik untuk ikut menikmati gurihnya pendapatan dari Youtube, nampaknya memang perlu kesabaran. Cara mendapat uang dari Youtube sanggup dibilang tidaklah instan, terlebih untuk jadwal Adsense.


Selain itu awal tahun ini juga Youtube mengupdate kebijakannya. Yang mana hanya channel yang telah berhasil menjaring minimal 10ribu Views lah yang sanggup menampilkan iklan Adsense. Kurang dari itu, tentu tidak bisa.


Jadi setidaknya butuh beberapa bulan fokus dalam membangun channel. Yakni dengan membuat video original yang menarik dan menguploadnya secara terpola alias rutin.


Video Cara Mendapatkan Uang dari Youtube by Agung Hapsah


Di bawah ini saya sajikan video dari salah satu Youtuber favorit saya, yakni Agung Hapsah. Di video tersebut, Agung menjelaskan perihal bagaimana Para Youtuber menghasilkan uang dari Youtube.


Dan di bab akhir, Agung memperlihatkan tips kepada kita para pemula dalam hal Youtube, untuk tidak terlalu fokus pada uang. Tapi fokuslah pada kualitas konten yang diimbangi juga dengan kuantitas, upload video secara rutin. Jika itu sudah dilakukan, maka viewers, subscribers, dan uang pun akan tiba dengan sendirinya.


Silakan tonton videonya di bawah ini. Bisa disubscribe juga channelnya, video anak muda yang gres lulus Sekolah Menengan Atas ini keren-keren isinya. Jempol semua.


Baik, barangkali itu saja artikel perihal cara mendapat uang dari Youtube. Artikel ini lebih bersifat informatif . Untuk tahu langkah-langkah praktik pembuatan channel Youtube secara detail hingga sanggup menghasilkan uang, sahabat sanggup mencari panduannya di Google. Atau saran saya, sahabat sanggup beli panduan berbayar perihal cara mendapat uang dari Youtube, biar proses mencar ilmu sanggup lebih terarah.


Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.


Advertisement

Iklan Sidebar