'/> Cara Dan Teknik Membaca Cepat Supaya Kecepatan Baca Naik 3X Lipat

Info Populer 2022

Cara Dan Teknik Membaca Cepat Supaya Kecepatan Baca Naik 3X Lipat

Cara Dan Teknik Membaca Cepat Supaya Kecepatan Baca Naik 3X Lipat
Cara Dan Teknik Membaca Cepat Supaya Kecepatan Baca Naik 3X Lipat

Teknik Membaca Cepat – Sekarang ialah eranya informasi. Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji. Salah satunya dengan keberadaan internet. Dulu mencari informasi hanya bisa dilakukan di perpustakaan melalui media buku. Ataupun melalui media elektronik mirip informasi tv atau radio.


Namun kini dengan hadirnya internet, semakin memudahkan orang dalam mengakses setiap informasi yang dibutuhkan. Baik itu berupa informasi terupdate maupun informasi yang sifatnya edukatif atau pengetahuan.


Dan sebagai orang yang hidup di kala milenial, kita juga tak boleh ketinggalan. Tidak boleh kudet (kurang update) dengan informasi terkini. Karena persaingan hidup yang kian ketat.


Kaitannya dengan hal itu, secara tidak pribadi kita dituntut untuk bisa menyerap informasi dalam waktu cepat dan efektif.


Atas dasar hal tersebut, maka diharapkan yang namanya kemampuan membaca yang baik. Karena mirip kita tahu, informasi yang beredar sebagian besar berbentuk teks / tulisan. Yang mana untuk bisa tahu isinya, mau tidak mau harus dibaca.


Namun juga bukan sekadar kemampuan membaca. Karena kalau cuma membaca, semua orang niscaya bisa. Tapi lebih dari itu, yang dimaksud di sini ialah perihal kemampuan membaca cepat.


Ya dalam postingan ini, kita akan membahas perihal teknik membaca cepat. Apa pentingnya membaca cepat? dan bagaimana caranya semoga bisa mempunyai keahlian membaca cepat?


Tapi sebelum masuk ke situ, kita juga perlu luruskan dan samakan persepsi dahulu. Persepsi perihal perngertian dari konsep membaca cepat itu sendiri mirip apa. Mari kita mulai.


Pengertian membaca cepat



 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


unsplash.com



Membaca cepat artinya membaca secara cepat. Sesimpel itu kah? Jelas tidak. Konsep membaca cepat yang dimaksud di sini bukanlah membaca goresan pena dengan bersuara lantang secara cepat. Bukan! bukan itu maksudnya.


Lebih dari itu, konsep membaca cepat ialah perihal bagaimana kita bisa membaca sebuah bacaan dengan efektif. Mampu mengambil intisari / kesimpulan dari bacaan tersebut dan dilakukan dengan tempo waktu yang terbilang cepat. Seperti itu kira-kira.


Dan konsep membaca cepat ini juga ada tekniknya yang harus dipelajari. Kaprikornus bukan cuma ‘menulis’ yang ada tekniknya, ‘membaca’ juga.


Karena cara membaca cepat sangatlah berbeda dengan membaca biasa.


Cara membaca cepat tidak dengan membaca perkata atau bahkan persuku kata. Ada beberapa teknik yang bahwasanya bisa dipraktekkan dengan gampang untuk bisa menguasai skill ini.


Dan itu sangatlah penting untuk dipelajari. Dalam rangka menjawab tantangan zaman yang semakin berkembang pesat ini.


Kenapa perlu menguasai teknik membaca cepat?



 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


unsplash.com



“Kenapa sih perlu repot-repot segala berguru membaca cepat? Bisa baca biasa saja kan sudah cukup?”


Yakin sudah cukup?!  Begini lho, banyak sekali bahwasanya benefit dan laba yang bisa kita dapatkan kalau mempunyai skill membaca cepat (Speed reading). Dan kalau kau sadar akan hal itu, nampaknya kau juga akan menyesal kenapa tidak mempelajarinya semenjak lama.


Berikut ialah beberapa alasan yang mendasari perlunya penguasaan teknik membaca cepat.


1. Bisa menuntaskan bacaan dengan lebih cepat


Apakah kau termasuk orang yang doyan membaca? Suka koleksi buku hingga jumlah yang banyak, tapi tidak pernah selesai membacanya? Alhasil buku yang dibeli Cuma jadi hiasan. Apakah kau mirip itu?


Jika iya, coba tanyakan pada diri sendiri? Apakah penyebabnya? Karena malas kah atau lantaran kewalahan / overwhelmed?


Atau bisa jadi kau masih membaca buku dengan cara standar/biasa. Kamu mungkin belum mempunyai skill membaca cepat yang diharapkan untuk melahap isi informasi dalam setiap buku dengan lebih cepat.


Ya dengan mempunyai keahlian membaca cepat, kau bisa dengan lebih cepat menuntaskan setiap buku yang dibeli. Sehingga bukunya bukan hanya jadi pajangan semata.


2. Lebih efisien dan efektif waktu.


Hal yang kedua ini terperinci berkaitan dengan poin nomor satu di atas. Dengan mempunyai kemampuan membaca cepat, maka waktu yang diharapkan untuk menghabiskan sebuah bacaan bisa lebih ditekan. Sehingga lebih hemat, efisien dan efektif tentunya.


3. Pengetahuan lebih luas


Untuk yang satu ini barangkali sudah pada tahu semua ya. Dengan banyak membaca buku, pengetahuan kita akan semakin luas. Ada pepatah usang yang menatakan, “buku ialah jendela dunia”. Agak klise memang ya, tapi memamg benar adanya. Lewat buku, kita bisa mempelajari bermacam-macam ilmu.


Tidak hanya dari buku, informasi dari internet yang bejibun juga merupakan sumber pengetahuan yang luas. Dan kemampuan membaca cepat sangatlah diharapkan semoga bisa menyerap informasi dan ilmu secara lebih efisien.


4. Sebagai materi bakar ekstra untuk bisa menulis cepat


Banyak informasi seputar teori kepenulisan bertebaran di internet. Bahkan banyak juga kursus atau sekolah kepenulisan yang diselenggarakan baik secara offline maupun online.


Tapi untuk urusan membaca cepat, rasanya masih terbilang langka ditemukan. Ya ada sih, tapi tidak sebanyak informasi atau panduan penulisan.


Padahal pada kenyataannya, membaca dan menulis itu ialah sebuah kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Semua penulis populer menjejali pikirannya dengan bacaan-bacaan berkualitas setiap harinya. Ya, hampir tidak mungkin ada penulis best seller yang malas membaca. Semuanya niscaya rajin membaca. Dan kemampuan membaca mereka pastinya sangat baik dan di atas rata-rata.


Jika aktivitas menulis itu diibaratkan sebagai kendaaraan motor, maka membaca ialah bensin atau materi bakarnya.


Dengan membaca banyak tulisan, perbendaharaaan kata yang kita punya jadi meningkat secara signifikan. Otak kita juga terbiasa dengan bermacam-macam referensi kalimat dalam bacaan. Dan hal itu akan secata tidak pribadi memperlihatkan impact positif bagi kta dalam menulis. Kita akan mencicipi fasilitas dalam proses penulisan manakala telah banyak membaca.


***


Nah itu tadi beberapa benefit yang bisa kita dapatkan kalau mempunyai skill membaca cepat.


Jadi terperinci kemampuan membaca cepat itu juga sangat penting. Bagaimana mungkin kita bisa menangkap banyak informasi, tapi kemampuan baca kita masih standar.


Oleh lantaran itu, mulailah pelajari teknik-teknik membaca cepat dari sekarang.


Teknik Dasar Membaca Cepat



 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


unsplash.com



Oke, sebelumnya kita membahas pengertian dan laba dari membaca cepat. Di serpihan ini kita akan mulai berguru beberapa teknik mudah dalam membaca cepat. Insyaallah ini teknik yang bisa dengan sangat gampang dipelajari.


Oke tanpa berlama-lama lagi, pribadi saja kita masuk ke pembahasan teknik membaca cepat ini


Di sini, kita akan membahas teknik membaca cepat dari yang paling dasar. Teknik dasar ini juga bisa dibilang sebagai pondasi berpengaruh kita dalam berguru membaca cepat ini.


Adapun tekni dasar membaca cepat ini ialah meliputi:



  1. mengenali kata secara kilat / cepat.

  2. mempercepat pergerakan mata pada ketika membaca.


Lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.


1. Mengenali Kata Dengan Cepat


Mata ialah indera yang paling berperan penting dalam proses membaca. Fungsi dari mata dalam membaca ialah menangkap setiap kata yang terdapat dalam bacaan.


Kata-kata tersebut kemudian ditransfer ke otak untuk diproses dan dikenali sebagai sebuah kata atau frasa ataupun sebuah kalimat.


Kita sebagai insan dikaruniai otak yang super canggih oleh Tuhan. Otak bisa memproses informasi yang kita baca dengan kecepatan tinggi. Namun sayang, kita kebanyakan tidak menyadari potensi otak tersebut sehingga kecepatan otak ini tidak benar-benar dimanfaatkan secara optimal.


Dan atas dasar hal tersebut di atas, kita semua bahwasanya bisa memiliki skill membaca cepat ini. Karena sejatinya, otak kita bisa melakukannya. TInggal kitanya sendiri mau mempelajari dan melatihnya atau tidak.


Lebih dari itu, otak kita ternyata juga sanggup dengan gampang memproses kata-kata dalam dengan baik. Bahkan walaupun susunan karakter penyusun kata tersebut dibolak-balik. Maksudnya gimana? Coba perhatikan goresan pena di bawah ini.


 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


Sekarang mari kita coba bandingkan dengan yang di bawah ini.


 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


Bagaimana rasanya? Membaca goresan pena pertama dan kedua. Saya yakin kau juga tidak akan mengalami hambatan berarti ketika harus membaca goresan pena pertama. Yang mana susunan karakter di tiap katanya dibolak-balik. Walaupun memang serpihan awal karakter dan balasannya masih tetap dibentuk sama.


Konsep dasar membaca cepat


Hal tersebut di atas juga memperlihatkan bahwa kita bisa membacanya lantaran otak yang memprosesnya dengan sangat cepat.


Dan mirip itulah dasar dari konsep membaca cepat ini. Tidak perlu fokus pada detail karakter yang membentuk kata, lantaran secara sekilas pun sudah sanggup dibaca. Bahkan pada prakteknya nanti di teknik lanjutan, kita bisa membaca 2 hingga 4 kata sekaligus dalam satu kali gerakan mata.


Saat kau bisa melihat sekumpulan karakter dengan mata dan diteruskan ke otak. Selanjutnya akan ada proses pengenalan terhadap setiap kata yang masuk. Apalagi kalau kau sudah tahu atau mengenal kata tersebut sebelumnya.


Itulah sebabnya mengapa orang yang rajin membaca akan mempunyai kecepatan baca lebih cepat ketimbang orang yang jarang baca. Karena perbendaharaan kata yang kaya sangat mendukung kecepatan membaca.


Dan dalam teknik membaca cepat ini, kita akan berlatih untuk bisa mengenali kata-kata dengan cepat.


Latihan Mengenali Kata


Di bawah ini ialah latihan yang bisa kau lakukan. Terdapat 5 kolom kelompok kata.


Cara latihannya ialah perhatikan kata pada kolom paling kiri, kemudian temukanlah kata yang sama pada 4 kolom di sebelah kanannya.


 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


Latihan ini akan sangat bermanfaat dan mendukung proses membaca cepat. Kita juga jadi bisa menguji seberapa cepat kemampuan dan seberapa luas penguasaan kosakata yang kita punya dalam membaca cepat tersebut.


Lakukan proses latihan di atas dengan cepat. Kalau bisa dengan satu kali gerakan mata dari kolom pertama ke kolom daerah kata yang sama berada.


Latihan Mengenali Frasa


Berikutnya dalah latihan dalam mengenali frasa (kelompok kata), yang biasanya terdiri dari 2 kata. Sama mirip latihan mengenal kata di atas, lakukan proses latihan ini dengan cepat dan satu kali gerakan mata. Dari kolom pertama menuju kolom lain di sebelahnya yang terdapat frasa yang sama.


 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x LipatSaya juga sudah terapkan dan lakukan latihan di atas. Hasilnya pribadi berasa. Dari yang tadinya saya terbiasa membaca per kata dan itupun sangat lambat, kini jadi lebih baik. Kegiatan membacapun jadi lebih menyenangkan dan semangat.


Dengan latihan ini diharapkan kita bisa lebih cepat dalam menangkap kosakata yang tertulis di bacaan. Sehingga dalam satu kali gerakan mata dan dalam waktu sepersekian detik bisa menangkap beberapa kata atau kelompok kata sekaligus.


2. Membaca Kelompok Kata


Bagian kedua ialah latihan membaca kelompok kata / beberapa kata hanya salam satu kali gerakan mata. Kaprikornus beberpa kata tersebut dilihat dan ditangkap maknanya secara sekaligus.


Perlu diketahui bahwa proses membaca itu berlangsug ketika mata kita berhenti bergerak sejenak. Yang mana pada kondisi tersebut, mata mengakap rangkaian karakter dan kata dengan jangkauan pandangnya. Untuk kemudian berpindah ke titik/bagian beriutnya.


Adapun prose berhenti tersebut dinamakan dengan istilah fiksasi.


Istilah fiksasi akan aneka macam kita gunakan dalam mempelajari teknik membaca cepat ini. Fungsinya ialah menjelaskan perihal jangkauan mata pada ketika proses membaca.


Dan konsep membaca cepatitu sendiri pada esensinya ialah memperbesar atau memperlebar fiksasi tersebut kemudian mempercepat prosesnya.


Lihat gambar ilustrasi di bawah ini


 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


Jadi pada dasarnya ialah perihal bagaimana kita bisa meperluas jangkauan. Tidak hanya terpaku pada area fokus pandangan, tapi lebih dari itu juga kita harus memperluas pandangan di area sekitar.


Jadi buat yang masih membaca perkata atau bahkan persuku kata, barangkali bisa diperbaiki dari sekarang. Mulailah terapkan teknik membaca cepat ini dengan telaten dan seirng berlatih.


3. Melatih Irama Pergerakan Mata


Di serpihan pertama kita telah mengenal cara latihan mengenali kosakata dengan cepat. Kemudian di serpihan ke dua dijelaskan perihal latihan membaca kelompok kata dalam sekali tatap.


Adapun di serpihan ke tiga ini ialah sanksi atau penerapannya dalam bacaan nyata.


Yakni kita akan mempelajari cara melatih pergerakan mata semoga bisa bergerak berirama. Sehingga proses membaca cepat akan lebih menyenangkan.


Adapun caranya ialah dengan menciptakan garis lurus secara vertical di buku yang hendak dibaca. Buat sekitar 2-3 garis lurus sehingga bacaan terbagi menjadi beberapa serpihan yang sama rata.


Dengan menciptakan garis vertical semacam ini, kita akan berguru dan membiasakan mata dalam melihat kelompok kata secara cepat sekaligus.


Dalam penerapannya, kita bisa berlatih dengan menciptakan 3 garis vertical sehingga membentuk 4 kolom bacaan.


Untuk lebih jelasnya, berikut ialah cara atau latihan yang bisa diterapkan.


Latihan Membaca Paragraf Empat Kolom


 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


Prinsip dari latihan di atas ialah memaksakan satu kali gerakan mata untuk bisa menangkap kelompok kata dalam satu kolom.


Jadi simpelnya, dalam satu baris paragraf itu diharapkan 4 kali gerakan mata. Lakukan pergerakan tersebut secara halus. Sehingga kau bisa mencicipi alurnya dengan berirama.


Jika sudah terbiasa dengan penggalan 4 kolom mirip di atas, bisa ditingkatkan lagi dengan memperlebar fiksasi. Yakni dibentuk hanya jadi 3 kolom atau bahkan mungkin 2 kolom saja.


Bahkan untuk para pembaca yang sudah expert, hanya membutuhkan satu kali gerakan mata untuk bisa menangkap satu baris paragraf. Mantap sekali bukan?


Lakukan latihannya secara rutin hingga kau terbiasa melatih gerakan mata dengan referensi di atas. Semakin konsisten  berlatih, maka otot mata kita juga akan ikut terlatih untuk bisa bergerak teratur dengan tempo cepat. Dengan begitu, secara otomatis, kecepatan membacapun akan meningkat.


Pada prakteknya, kau bisa benar-benar menciptakan garis vertikal di buku bacaan sebagai patokan kolom. Atau bisa saja hanya dengan menciptakan garis imajiner dalam pikiran.


Penutup



 Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat


unsplash.com



Nah itulah klarifikasi perihal teknik membaca cepat disertai dengan cara dan latihan mudah yang bisa dilakukan dengan mudah. Mulailah berlatih dari kini dan terapkan latihan sederhana di atas.


Masih banyak bahwasanya teknik membaca cepat yang bisa dipelajari. Tapi dengan hanya menerapkan cara-cara dan latihan di atas, bahwasanya sudah cukup untuk meningkatkan kecepatan membaca. Setidaknya 2 atau 3 kali lipat. Asalkan dilakukan dan dilatih dengan serius.


Membaca cepat bukan hanya sekadar untuk tujuan menyerap informasi lebih banyak. Tapi lebih dari itu juga merupakan salah satu upaya kita dalam mensyukuri anugerah donasi Allah. Anugerah dalam bentuk otak yang sangat luar biasa fungsinya.


Dengan otak kita jadi bisa berpikir dan mencerna aneka macam informasi. Dan wajiblah kiranya kita untuk mensyukuri hal tersebut dengan memaksimalkan fungsi otak sebaik-baiknya. Khususnya dalam mempelajari cara dan teknik membaca cepat ini.


Baik, saya rasa itu saja untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan teman sekalian. Sampai jumpa di artikel Inspirilo blog berikutnya


Sekian dan terima kasih.

Salam


Disclaimer


Teknik membaca cepat tahap dasar yang tersaji di postingan ini ialah hasil penyampaian ulang materi dari Ebook berjudul Speed Reading for Beginner karya Muhammad Noer. Kaprikornus bagi teman yang mau lebih memperdalam ilmu ini, silakan bisa download ebooknya di website beliau di sini


Video Series Cara Membaca Cepat – By Muhammad Noer






Advertisement

Iklan Sidebar