'/> Belajar Bahasa Inggris Online Di E-Compusoft Indonesia

Info Populer 2022

Belajar Bahasa Inggris Online Di E-Compusoft Indonesia

Belajar Bahasa Inggris Online Di E-Compusoft Indonesia
Belajar Bahasa Inggris Online Di E-Compusoft Indonesia

Belajar Bahasa Inggris Online – Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian. Di artikel kali ini saya ingin mereview sebuah kursus pembelajaran online yang saya ikuti. Di sini murni saya akan kemukakan pendapat pribadi mengenai kelebihan dan kekurangan daripada kursus ini.


Sebenarnya sudah cukup usang juga sih saya mengikutinya, yakni sekitar selesai tahun 2015. Dan Alhamdulillah, sedikit banyaknya dari kursus online tersebut sudah memberikan impact positif bagi saya pribadi. Adapun yang saya maksud ialah kursus pembelajaran Bahasa Inggris Online dari Ecompusoft dengan situs www.belajaringgris.net.



 Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia


dream-create-enjoy.com



Pentingnya Belajar Bahasa Inggris



 Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia


genslish.com



Sebelum menginjak kepada pembahasan perihal review kursusnya, saya mau share secuil pemahaman saya perihal arti penting dari penguasaan Bahasa Inggris itu sendiri.


Ya walaupun kita lahir di negera yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, tapi tentu akan lebih baik untuk mempelajarinya. Banyak sekali benefit yang bisa kita dapatkan jikalau bisa berbahasa Inggris.


Terlebih kita tahu bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa yang jadi bahasa pemersatu bangsa. Semua orang dari banyak sekali penjuru dunia yang mempunyai bahasa negara masing-masing dipersatukan oleh bahasa Inggris.


Dalam bidang pekerjaan, penguasaan bahasa Inggris juga tidak jarang sangat diperlukan. Khususnya jikalau ingin meraih posisi atau jabatan yang tinggi.


Mempelajari Bahasa Inggris, bukan sekadar keren-kerenan. Bukan pula tidak nasionalis dengan memepelajari bahasa asing. Justru bahasa inggris bisa kita jadikan sebagai media untuk lebih meningkatkan harkat martabat bangsa. Oke mungkin itu terlalu berlebihan, tapi pada dasarnya dengan penguasaan Bahasa Inggris yang baik, InsyaAllah akan banyak sekali peluang-peluang yang terbuka di depan.


Jadi cukuplah barangkali hal tersebut di atas menjadi alasan dan motivasi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Masih banyak sebenarnya alasan kenapa kita harus mempelajari Bahasa Inggris. Dan itu tidak melulu berkaitan dengan pekerjaan semata. Tapi lebih dari itu, bisa menciptakan kualitas diri menjadi lebih meningkat.


Saya sendiri cuma lulusan Sekolah Menengah kejuruan dan tidak bergelut dengan pekerjaan yang mengharuskan saya menguasai Bahasa Inggris. Tapi saya meyakini, dengan mempelajari apa yang kita suka itu juga merupakan salah satu bentuk syukur atas karunia pemikiran yang telah Allah beri.


Dengan mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris, saya melihat banyak sekali peluang yang bisa digarap di kemudian hari.


Sedari sekolah dasar dulu, saya merasa jatuh cinta dengan Bahasa Inggris. Dan menjadikannya berada di daftar teratas dalam list pelajaran favorit . Muncul impian besar dalam hati untuk bisa menguasainya dan bisa lancar berbicara dalam bahasa Inggris.


Kegelisahan



 Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia


madjongke.com



Kata Raditya Dika, solusi atau ide bisa tiba dari kegelisahan. Saat kita mencicipi gelisah terhadap sesuatu, di situlah biasanya muncul ide atau ilham untuk diangkat. Tidak jarang akan muncul solusi di dalamnya.


Kegelisahan yang saya alami adalah, sudah usang sekali berguru bahasa Inggris di sekolah, dan pernah juga ikut beberapa kursus. Namun dalam jangka waktu yang usang itu, sama sekali belum nampak hasil yang diharapkan. Saya masih belum bisa berbicara bahasa Inggris secara impulsif tanpa berpikir.


Saya sendiripun sebenarnya sadar apa penyebabnya, yakni kurangnya intensitas latihan.


Karena yang namanya penguasaan bahasa adalah skill, bukan bakat. Skill perlu dilatih dan bukan warisan.


Bahasa Inggris juga layaknya pencak silat. Untuk bisa menguasainya, tentu harus langsung nyemplung praktek. Bukan malah menyibukkan diri dengan bermacam-macam teori cara memukul, cara menangkis dan lain-lain. Kalau cuma sekadar berguru teori, kapan bisanya.


Hal itu pula yang kebanyakan orang alami. Apalagi dengan sistem pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah yang kurikulumnya itu lebih mengarah pada grammar atau tatabahasa.


Pelajaran yang disajikan tidak jauh-jauh dari jenis-jenis tenses, pola kalimat, kalimat negatif diubah jadi positif atau sebaliknya, kemudian diubah lagi ke kalimat tanya (interogative). Bahasa inggris tak ubahnya menyerupai matematika yang saklek begitu alias kaku.


Padahal berguru Bahasa Inggris harusnya luwes dan lebih memperbanyak praktek, bukan teori.


Sama menyerupai pencak silat tadi. Kita sangat mungkin bisa menguasai Bahasa Inggris jikalau memang rutin berlatih. Dan juga didampingi oleh guru yang kredibel, berpengalaman (bukan cuma sekadar tahu teori).


Serta yang tidak kalah penting juga ialah keberadaan partner atau rekan yang bisa diajak praktek.


Semua itu lebih penting ketimbang setumpuk teori dalam buku.


Hal itulah yang terlambat saya sadari. Pantas saja belum bisa bicara bahasa inggris, toh dari dulu belajarnya begitu. Cuma tahu ilmunya grammar dan rujukan kalimatnya, tapi dalam penerapannya masih kikuk.


Dan tiap kali mau mengungkapkan sesuatu, seringkali kebanyakan mikir, ini salah gak ya?Bagaimana nih rujukan kalimatnyaverb berapa nih yang harus diapakai?


Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus menyeruak dalam otak. Tak benar-benar bisa terkonversi dalam bentuk kalimat yang faktual terucap.


Menemukan E-Compusoft – Program berguru bahasa Inggris online


 Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia


Suatu hari, saya sedang mencari sebuah tutorial tentang pronunciation di youtube. Ya dikala itu memang saya sedang mencari informasi terkait aktivitas berguru Bahasa Inggris online. Entah bagaimana ceritanya waktu itu, tahu-tahu saya nyasar ke sebuah website dengan nama belajaringgris.net. Dari namanya, terang kita bisa simpulkan website tersebut berisi pembelajaran terkait bahasa inggris.


Di potongan atas website, terdapat sebuah goresan pena yang sepertinya ngena banget di saya. Isinya menyerupai menjawab kegelisahan yang saya rasakan. Kurang lebih kalimatnya menyerupai ini:


Anda sudah Bertahun-tahun Frustasi Belajar Bahasa Inggris dengan Kursus, Les privat dan Membeli Software mahal yang Mengajari Anda Grammar


tetapi hingga detik iniAda masih “malu” berbicara Bahasa Inggris.

Sekarang Lupakan Grammar….!


Kata-kata di atas seketika menggugah saya untuk terus membaca.


Bagaimana bisa berguru Bahasa Inggris tanpa grammar??. Pikir saya begitu awalnya.


Rasa ingin tau semakin menggebu. Saya baca sales letter-nya dari atas hingga bawah dengan penuh antusias.


Di halaman web tersebut juga diperlihatkan banyak sekali testimoni dari para penerima kursus. Rata-rata testimoninya positif. Ya iyalah.. kalau yang dimuat testi negatif, mana ada yang mau gabung kursusnya. ?


Dan itu semua cukup meyakinkan saya bahwa aktivitas berguru bahasa Inggris online ini memang berkualitas. Setelah saya cari tahu juga, pematerinya yang berjulukan Pak Teguh Handoko juga ternyata memang sangat kredibel dalam bidang Bahasa Inggris. Beliau telah mempunyai pengalaman mengajar selama lebih dari 20 tahun.


Jadi praktislah dikala itu saya langsung kebelet untuk mencobanya. Namun terlihat ada biaya yang harus saya bayarkan. Ya memang ini kursus berbayar.


Namun Alhamdulillah ada solusi bagi yang mau mencoba praktek materinya secara langsung. Di potongan bawah telah disediakan form pengisian untuk pendaftaran kursus gratis. Isinya ialah 4 pelajaran awal dari kursus tersebut. Oke lah, saya tahu ini salah satu teknik marketing yang cukup ampuh. Menyediakan gratisan dulu sebagai umpan.. he.


Tapi pikir saya, selagi memang elok tidak ada salahnya mencoba.


Seketika dikala itupun saya daftar kursus gratis tersebut dan mendownload modul materinya.


Ada total 4 lesson / pembelajaran di kursus gratis ini dan didesain untuk diselesaikan dalam waktu 2 minggu. Tapi jikalau mau diselesaikan seharian pun juga bisa sebenarnya.


Adapun bentuk materinya itu berupa file audio MP3 lengkap dengan file .PDF berisi penjelasan.


Jadi teknis pembelajarannya yaitu mendengarkan file audio sambil membaca buku/file pdfnya.


Kesan pertama pada bahan E-compusoft



 Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia


bintang.com



Dan WOW!! Kesan saya sehabis menyimak bahan pengantar dan lesson 1 dari kursus gratis ini sungguh luar biasa. Materinya dimulai dari dasar sekali yakni dari materi alphabet dengan pelafalan pronunciation yang benar. Pak Teguh begitu apik dalam membawakan materinya, sangat mudah dipahami.


Jujur rasanya menyerupai saya kembali ke masa-masa sekolah dikala harus kembali berguru melafalkan alfabet.


Namun kendati begitu, justru di situ saya gres sadar bekerjsama banyak sekali kesalahan yang usang saya lakukan dalam pelafalan huruf alphabet bahsa inggris. Seperti dalam pengucapan huruf K (kei) yang harus diserai letupan, huruf v dan lain-lain. Makara serasa belajar makharijul huruf.


Ya memang Bahasa Inggris juga tak ubahnya Bahasa Arab. Salah sedikit pengucapan saja bisa mengubah arti. Misal dead dan dad, they dan day, list dan least, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau tidak berguru ilmu pronunciation pasti akan sulit membedakan kata-kata tersebut.


Pembelajaran pronunciation begitu ditekankan di kursus ini Di setiap lesson akan selalu ada bahan tentang pronunciation.


Dari situ saya menyimpulkan bahwa kursus bahasa inggris online dari belajaringgris.net Ecompusoft ini sangatlah bagus. Saya sangat merekomendasikan bagi  Anda yang dikala ini sedang berguru bahasa inggris secara belajar sendiri untuk mencoba kursus ini.


Sayapun melahap habis seluruh bahan gratis dalam waktu 2 hari. Walaupun sebenarnya 4 lessontersebut disusun untuk beres dalam 2 minggu. Tapi alasannya saya orangnya ngebet, jadilah dikebut..hehe.


Tanpa disadari, kemampuan pronunciation saya dalam melafalkan kata-kata jadi serasa meningkat.


Upgrade ke akun premium


Setelah mencoba bahan gratisnya, saya merasa tidak ada alasan untuk tidak lanjut ke lessonberikutnya. Sehingga dikala itu saya langsung upgrade keanggotaan untuk kemudian bisa mendapat bahan sisanya yang total ada 32 lesson. Terkait biaya juga bisa dibilang murah, saya hanya perlu mengeluarkan Rp. 229.000 untu mendapat seluruh modul pembelajaran.


Oh iya, for your information aja nih guys.. Lembaga Kursus Online E-Compusoft ini secara status sudah terdaftar resmi dalam Akte Notaris No. 198. Tanggal 22 Desember 2009. Makara tentu bukan main-main nih kursusnya.


Seperti dijelaskan di halaman sales letter website E-Compusoft, semua bahan yang diajarkan dalam 32 pelajaran itu tidak banyak membahas soal grammar. Sudah cukup lah kita sedari usang dicekoki kepercayaan bahwa Bahasa Inggris itu harus bisa grammar.


Iya sih.. pemahaman tentang grammar juga memang perlu, tapi jangan jadikan itu sebagai tujuan dalam berguru Bahasa Inggris. Wong kita bisa bicara bahasa Indonesia saja tidak perlu harus mengerti perihal rujukan kalimat SPOK, kan.


Intip silabus berguru Bahasa Inggris Online E-Compusoft



 Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia


Testimoni



Dan di sini saya ingin memperlihatkan sedikit citra perihal bagaimana sih isi dari kursus Bahasa Inggris Online ini? Penasaran kan..?


Tapi tentu saya bukan mau share modulnya secara langsung. Enak di elu dong kalo gitu..haha. Melainkan hanya silabus pembelajarannya saja. Dari silabusnya saja, saya yakin sobat sudah bisa menilai bagaimana kualitas dari kursus berguru Bahsa Inggris Online E-Compusoft ini.


Yuk Intip sekilas silabus pembelajarannya.


Lesson 1


Dimulai dari unit bahasa terkecil alasannya memang kursus ini ditujukan utk mereka yang masih NOL kemampuan, namun ingin menguasai Bahasa Inggris dlm waktu cepat, mudah dan mudah tanpa melalui Grammar. Jurus 1 tentang AlphabetCardinal numbers, serta bunyi voiceless velar plossive [k],


Lesson 2


Disini anda akan berguru bagaimana mengggunakan function Greeting n farewel,  serta suara ledak voiceless Bilabial Plossive [p,]


Lesson 3


Pada lesson 3 ini, anda mulai berlatih bagaimana memakai kalimat inti yg dipakai utk menceritakan perihal diri nya, Personal identity, serta suara ledak Voiceless Alveolar Plossive berikutnya yaitu [t]


Lesson 4


Pada lesson 4 ini, anda mulai berlatih pendalaman dan ekspansi perihal kemampuan menceritakan diri sendiri yg meliputi Job, dsb. serta pengenalan suara bahasa Voiced Dental Fricative, seperti day-theydare-they, dll. [ ð ]


Lesson 5


Pada lesson 5 ini, anda mulai berlatih bagaimana mengucapkan 2 (dua) jenis pertanyaan dengan intonasi yang benar yaitu Raising dan Falling Intonation – serta perbedaan antara Amerincan English dan British Engliah. Two kinds of questions n intonation, introduction to AE/BE.


Lesson 6


Pada lesson 6 ini, anda mulai berlatih bagaimana memperkenalkan diri sendiri, dan orang lain. How to introduce yourself , dan suara bahasa Voiceless Dental Fricative  spt tank-thank, dll.


Lesson 7


Pada lesson 7 ini, anda mulai berlatih mengidentifikasi benda-benda di sekeliling dirinya dengan memakai kata penunjuk, this-that. Identifying objects, serta suara bahasa diphtong pada kata go, also, dsb. [o]


Lesson 8


Pada lesson 8 ini, anda mulai diperkenalkan rahasia kalimat dimulai dari part of speech yg terkecil yaitu perihal Nouns. Grammar about Nouns.


Lesson 9


Pada lesson 9 ini mengharuskan anda berlatih bagaimana menceritakan orang lain terutama perihal anggaota keluarga, dengan menggunakan pola kalimat inti lainnya. Disamping suara Bahasa palato-alveolar fricative spt see-she, dsb. Personal Pronouns.


Lesson 10


Pelajaran ini me review seluruh kemampuan dan pengetahuan yg telah dimiliki pada lesson sebelumnya, dan mulai diperkenalkan Ordinal Numbers


Lesson 11


Pada lesson ini anda berlatih bagaimana bercakap dengan memakai topik sekitar Hari, Tanggal dan Bulan. Talking about Days, Date and Months. Serta berlatih membunyikan bunyi bahasa raised open front unrounded vowel seperti bad-bed, dad-dead, dsb.


Download SIlabus lengkap 32 lesson (PDF)


Bagaimana? keren bukan sisinya? Itu gres 11 lesson lho, masih ada 22 lagi sisanya. Untuk mendapat silabus selengkapnya, saya sudah sediakan filenya. Silakan bisa sobat download DI SINI


Kelebihan aktivitas berguru Bahasa Inggris Online E-Compusoft


Dari pengamatan dan pengalaman secara langsung, saya bisa sebutkan beberapa kelebihan yang ada dalam aktivitas kursus berguru bahasa inggris online ini antara lain:



  • Modul pembelajaran dan silabus yang terstruktur

  • Tidak banyak membahas Grammar yang bikin mumet

  • Banyak bahan pembelajaran yang tidak diajarkan di kebanyakan kursus

  • Fleksibel tidak terikat waktu. Materi bisa disimak bahkan via HP sekalipun.

  • tersedia group khusus member sehingga bisa mencari sahabat sevisi untuk praktek

  • Ada ujian dan tes

  • Bersertifikat


Kekurangan aktivitas berguru Bahasa Inggris Online E-Compusoft


Program berguru Bahasa Inggris online ini sebenarnya sudah usang berdiri, yaitu dari tahun 2009. Kaitannya dengan hal tersebut, ada beberapa kekurangan terkait proteksi teknis. Contohnya, dalam beberapa audio, Pak Teguh Handoko sempat menyebutkan nomor HP yang bisa dihubungi untuk keperluan konsultasi materi. Tapi beberapa kali saya hubungi nomor tersebut, nampaknya sudah tidak aktif.


Kekurangan lainnya ya barangkali dari sistemnya yang online, tidak bertatap muka secara langsung. Biar bagaimanapun sistem pembelajaran terbaik ialah berinteraksi secara eksklusif dengan guru.


Sistem belajarnya fleksibel, bisa dipelajari kapan saja dan di mana saja. Di satu sisi hal tersebut memperlihatkan keuntungan, terlebih bagi orang yang sibuk. Namun di sisi lain juga menyebabkan kursus ini menyerupai tidak ada deadline, tidak ada The Power of Kepepet-nya. Sehingga tidak jarang saya temui juga teman-teman di grup yang sudah lama join program ini, tapi belum juga menuntaskan semua bahan pembelajarannya.


Jadi ya kembali ke pribadi masing-masing, bagaimana memanfaatkan kursus berguru Bahasa Inggris Online ini dengan sebaik-baiknya. Terlepas dari segala kekurangan yang ada, aktivitas ini saya kira cukup powerfull untuk meningkatkan pengetahuan dan skill kita dalam berbahasa Inggris.


Penutup


Nah itulah sedikit review saya yang besumber dari pengalaman perihal kursus berguru bahasa inggris online di E-compusoft. Sejauh ini, berdasarkan saya ini kursus online terbaik yang pernah saya ikut.


Selain harganya yang sangat terjangkau, bahan pembelajarannya juga mudah dipahami serta banyak memuat pelajaran yang jarang diajarkan di sekolah. Tanpa repot-repot belajar grammar, full conversation.


Okay, I think That’s all from me. Hope this article can inspire you and can move you to the more bermartabat life. :3


See you at the next post.


Advertisement

Iklan Sidebar