Contoh Invoice Tagihan – Selamat tiba di portal hidupsimpel, ya pada kesempatan kali ini kita akan membahas ihwal banyak sekali bentuk dari invoice. Bagi kita yang hidup di kala yang serba canggih ini, keberadaan invoice sangatlah penting, contohnya saja saat kita berkunjung ke suatu toko online, niscaya kita akan mendapat invoice pembayaran.
Invoice itu majemuk durasi waktunya, sanggup kita menunggu hingga 1 bulan bahkan juga sanggup hingga tiga bulan. Cepat lamanya kita menunggu tergantung pada pelanggan yang melaksanakan pembayaran atau tidak.
Mungkin dari kita bertanya-tanya apa itu invoice ? OK, tanpa berlama-lama di artilel ini kita akan membahas ihwal invoice hingga seluk beluknya. Mulai dari pengertian invoice, fungsi atau kegunaan invoice, dan beberapa referensi invoice yang sanggup kau gunakan nantinya untuk dicontoh.
daftar isi
- 1 Pengertian Invoice atau Faktur
- 2 Cara Membuat Invoice Atau Faktur Yang Benar
- 3 Contoh Invoice Pembayaran Sederhana
- 4 Contoh Invoice Penjualan di Excel
- 5 Contoh Invoice Tagihan di Ms Word
- 6 Contoh Invoice dalam Bahasa Inggris
- 7 Contoh Invoice Hotel
- 8 Contoh Invoice Travel
- 9 Contoh Invoice GST
- 10 Jenis Jenis Invoice
- 11 1. Invoice Biasa
- 12 2. Invoice Proforma
- 13 3. Invoice Konsuler
- 14 Tips Jitu Menulis Contoh Invoice Agar Cepat Dibayar
Pengertian Invoice atau Faktur
Invoice ialah sama dengan faktur. Invoice ialah sejenis dokumen yang dibentuk dan diterbitkan oleh penjual (eksportir) kepada pembeli (importir) yang mencantumkan tanggal pengiriman barang, rincian barang atau produk produk atau barang (meliputi ukuran dan berat) yang mau dibeli, harga barang dan biaya-biaya lain, dan jumlah total yang harus dibayar pembeli kepada penjual. Gampangannya pengertian invoice ialah surat penagihan dari penjual kepada pembeli atau pelanggan berupa catatan nilai nominal.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, invoice ialah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, dan harga yang harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan.
Cara Membuat Invoice Atau Faktur Yang Benar
Sebenarnya menciptakan invoice / faktur termasuk praktis dan tidak terlalu rumit amat. Terlebih lagi kini dengan adanya internet pertukaran info semakin pesat dan praktis ditemukan, jadi kita tidak perlu pusing-pusing untuk mencari referensi yang mana simpel dan praktis dicontoh.
Di sini saya akan menunjukkan poin penting dan umumnya saja lantaran memang setiap perusahaan menciptakan format invoice berbeda-beda antara suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan yang lain sesuai dengan jenisnya.
Berikut beberapa poin penting dan umum yang ada di dalam invoice yaitu:
- Pertama cantumkan dahulu identitas penjual
- Kemudian cantumkan identitas pembeli atau tujuan yang yang akan ditagih
- Tersedia nomor faktur atau invoice atau nomor surat pemesanan yang ada kaitannya dengan invoice
- List dan rincian barang yang akan dibeli pelanggan (deskripsi barang, harga satuan barang, jumlah, dan total harga barang tersebut secara keseluruhan)
- Tanggal pemesanan
- Harga invoice
- Total pembayaran atau total pajak
- Sediakan tujuan pembayaran bagi customer sanggup berupa rincian nomor rekening bank yang akan dituju
- Yang terakhir kolom tanda tangan untuk pembeli atau akseptor barang pesanan sesuai dalam invoice tersebut.
Contoh Invoice Pembayaran Sederhana
Contoh Invoice Penjualan di Excel
Contoh Invoice Tagihan di Ms Word
Contoh Invoice dalam Bahasa Inggris
Contoh Invoice Hotel
Contoh Invoice Travel
Contoh Invoice GST
Jenis Jenis Invoice
Ternyata invoice ada beberapa jenis lebih rincinya ialah 3 (menurut Fenoza). Jenis – jenis invoice berdasarkan beliau pada umumnya dibagi menjadi 3 jenis. Berikut ini ialah jenis jenis invoice, yaitu :
1. Invoice Biasa
Invoice biasa ialah invoice yang pada umumnya digunakan saat melaksanakan transaksi yang sederhana pada kehidupan sehari-hari. Isi dari invoice ini sangat sederhana dan di berikan kepada pembeli selama transaksi secara umum.
2. Invoice Proforma
Invoice proforma ialah jenis invoice yang bersifat sementara atau jangka pendek yang diberikan kepada pelanggan sebelum penjual menyerahkan secara total barang yang dibeli pelanggan tersebut. Gampangannya kedua pihak tersebut memakai invoice tersebut sebagai pengganti sementara lantaran barang yang dipesan oleh pembeli dikirimkan secara sedikit demi sedikit atau terpisah-pisah.
Si pembeli akan melaksanakan pembayarannya dengan memakai invoice proforma ini nantinya. Alasannya ialah disebabkan pelanggan membeli barang tersebut berdasarkan invoice proforma, akan tetapi barangnya tersebut belum sepenuhnya diterima secara keseluruhan. Nah, apabila semua barang yang dipesan sudah diterima oleh pembeli secara penuh, maka penjual akan menunjukkan invoice biasa sebagai pengganti dari invoice proforma ini.
3. Invoice Konsuler
Invoice konsuler ialah faktur khusus yang digunakan dalam mengadakan perdagangan internasional atau biasa kita kenal istilah ekspor impor. Untuk invoice konsuler harus ada pengukuhan dan persetujuan oleh perwakilan negara yang mengimpor yaitu atase perdagangan, kantor konsuler dan kedutaan besar negara pengimpor yang berada di negara pengekspor.
Tips Jitu Menulis Contoh Invoice Agar Cepat Dibayar
Pada kesempatan kali kami akan membagikan tips bagaimana supaya para pembeli segera membayar invoice yang telah anda kirim.
Pastikan Invoice Pembayaran Mudah Untuk di Pahami
Usahakan anda menulis keterangan ihwal daftar barang secara lengkap dan rinci, mulai dari nama barangnya tersebut, ukurannya, bahannya, jenisnya hingga deskripsi barang tersebut apabila memang diperlukan. Hal ini dibentuk supaya konsumen praktis untuk mengindentifikasi barang apa saja yang sudah beliau pesan.
Dengan demikian, para pelanggan akan mengingat dan akan bersegera melunasi tagihannya. Di usahakan juga kalau sanggup anda menyertakan atau memasang logo atau lambang perusahaan anda pada invoice.
Biasanya dengan memasang logo perusahaan di invoice pelanggan akan praktis mengenali anda dan juga memanggap bahwa perusahaan anda ialah perusahaan yang profesional.
2. Metode Pembayaran Mudah dan Simpel
Biasanya terkadang lamanya konsumen untuk membayar tagihan invoice anda bergantung pada metode pembayaran yang anda olok-olokan kepadanya. Usahakan anda memberi pelanggan tersebut banyak sekali macam pilihan metode pembayaran , supaya beliau tidak merasa kerepotan untuk segera melunasi tagihannya.
Jika tidak, ada kemungkinan mereka akan malas untuk membayar dan hasilnya pembayarannya menjadi tertunda-tunda.
3. Mengirimkan Invoice Pada Orang yang Tepat
Poin ketiga yang tidak kalah pentina ialah anda harus menentukan orang yang akan mengirimkan invoice kepada sang pembeli. Jangan hingga anda menentukan orang yang mana beliau ialah orang yang tidak bertanggung jawab dan sering melalaikan tugasnya untuk mengirimkan invoice tersebut hingga kepada pembeli.
Akhirnya invoice usang atau bahkan tidak diproses sama sekali. Karenanya anda harus benar-benar menentukan orang yang memang beliau bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya khususnya problem pembayaran. Usahakan juga berikan invoice hanya kepada segelintir orang saja supaya lebih efektif dan efisien
4. Jangan Menunggu
Apabila barang yang dipesan pelanggan sudah hingga di tangannya, pribadi segera kirimkan invoice penagihannya. Contohnya anda barang sudah berada di tangan pelanggan pada hari senin, maka segera kirimkan invoicenya, janganlah menunggu hingga hari sabtu untuk mengirimkan invoice penagihan kepadanya.
Kalau sanggup pribadi pada hari pengiriman sudah hingga juga invoice dikirimkan ke pelanggan. Dengan begitu pelanggan sanggup secepatnya untuk segera melunasi tagihannya
5. Percepat Jangka Waktu Invoice
Cara lain yang lebih efektif ialah dengan mempercepat jangka waktu invoice tersebut. Misalnya saja begini, anda menginginkan bahwa jatuh tempo final pembayaran invoice ialah dalam waktu satu bulan. Nah, supaya pelanggan tidak menunda-nunda, anda sanggup memberi keterangan jatuh tempo berlaku hanya 25 hari atau 3 minggu.
Dengan demikian, dipastikan pelanggan akan selalu ingat dan kemungkinan kecil tidak ada ketelatan untuk membayar tagihan.
6. Mengingatkan Kembali Konsumen
Apabila pembayaran invoice sudah jatuh temponya dan pelanggan masih belum melunasinya, maka anda harus secepatnya menghubunginya. Terkadang pelanggan sibuk dengan urusannya, hingga beliau lupa akan tagihan invoicenya, hal ini masih sanggup dipertimbangkan. Namun akan menjadi problem bila pelanggan tersebut lupa dan parahnya beliau menghilangkan invoicenya.
Apabila sudah melebihi waktu jatuh tempo, segeralah hubungi pembeli semoga segera melunasi tagihannya
Demikianlah info ihwal seputar invoice. Kita tadi membahas ihwal pengertian invoice, tujuan invoice, dan beberapa referensi invoice yang simpel. Terima kasih.
Baca Juga Contoh Surat Jalan sebagai pelengkap wawasan.