'/> Kebugaran Jasmani : Pengertian, Manfaat, Unsur Bentuk Latihan Kebugaran

Info Populer 2022

Kebugaran Jasmani : Pengertian, Manfaat, Unsur Bentuk Latihan Kebugaran

Kebugaran Jasmani : Pengertian, Manfaat, Unsur Bentuk Latihan Kebugaran
Kebugaran Jasmani : Pengertian, Manfaat, Unsur Bentuk Latihan Kebugaran

Kebugaran Jasmani – Kebugaran yaitu perpaduan kegiatan dan olahraga yang dilakukan di daerah olahraga, rumah ataupun daerah lainnya. Sedangkan jasmani yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan tubuh. 


Jadi, kebugaran jasmani yaitu istilah umum yang dipakai untuk menyebut kegiatan atau bentuk kegiatan yang menyehatkan badan manusia. Semakin baik kebugaran jasmani seseorang, maka semakin berpengaruh juga fisik atau daya tahan badan yang dimilikinya.


Dalam artikel singkat padat ini kita akan membahas materi wacana kebugaran jasmani / kesejukan jasmani / kebugaran badan mulai dari pengertian hingga dengan unsur-unsur yang terdapat dalam kebugaran jasmani.




Pengertian Kebugaran Jasmani


 Kebugaran yaitu perpaduan kegiatan dan olahraga yang dilakukan di daerah olahraga KEBUGARAN JASMANI : Pengertian, Manfaat, Unsur  Bentuk Latihan Kebugaran
pixabay.com

Pengertian kebugaran jasmani yaitu kemampuan fisik yang dimiliki oleh seseorang untuk melaksanakan kegiatan fisik tanpa harus mengalami kelelahan atau mencicipi kecapekan yang berarti. Dalam bahasa Inggris istilah kebugaran jasmani disebut physical fitness.


Seseorang yang mempunyai kebugaran badan yang baik akan mempunyai kemampuan menjalankan kegiatan sehari – hari dengan efektif alasannya yaitu mempunyai cukup kebugaran sehingga bisa mendukung kegiatan inti dan juga kegiatan suplemen sehari – hari. 


Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli



  • Kebugaran Jasmani yaitu kemampuan seseorang dalam menuntaskan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Ketiga unsur inti tersebut yaitu daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan. (Rusli Lutan)

  • Kebugaran jasmani yaitu kemampuan fisik dari seseorang dalam melaksanakan pembiasaan terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa mencicipi rasa capek dan lelah. (Muhajir)

  • Kebugaran jasmani yaitu kemampuan dari insan dalam melaksanakan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan masih tetap mempunyai tenaga cadangan untuk melaksanakan kegiatan tambahan (Djoko Pekik Irianto).


Berdasarkan definisi – definisi di atas; sanggup disimpulkan bahwa pengertian kebugaran jasmani yaitu kemampuan insan untuk menjalani kegiatan sehari – hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti.



Manfaat Kebugaran Jasmani


 Kebugaran yaitu perpaduan kegiatan dan olahraga yang dilakukan di daerah olahraga KEBUGARAN JASMANI : Pengertian, Manfaat, Unsur  Bentuk Latihan Kebugaran
pixabay.com

Kebugaran jasmani mempunyai beberapa manfaat. Berikut yaitu manfaat-manfaat dari latihan kebugaran jasmani.



  • Membentuk kekuatan dan daya tahan otot-otot tubh

  • Meningkatkan fleksibilitas

  • Membentuk keberanian, kepercayaan diri dan kesanggupan untuk bekerja sama.

  • Merangsang pertumbuhan pada tubuh, terutama anak-anak.

  • Mencegah obesitas atau kegemukan

  • Mempunyai rasa tanggung jawab dalam memelihara kebugaran dan kesehatan tubuh.

  • Mengurangi stres dan menambah kebahagiaan.


 


Selain 7 poin diatas kebugaran jasmani juga bermanfaat semoga diri kita:


1. Terhindar dari Beragam Penyakit


Ada beberapa jenis penyakit yang akan meningkat resikonya pada seseorang yang mempunyai kebugaran jasmani yang buruk. Dengan kata lain seseorang yang mempunyai kualitas kebugaran jasmani yang baik akan mempunyai resiko lebih rendah mengalami penyakit tertentu.


Penyakit yang paling beresiko dialami seseorang dengan kualitas kebugaran jasmani yang rendah yaitu penyakit jantung dan hipertensi.


2. Menurunkan Kandungan Lemak Jahat dalam Tubuh


Kandungan lemak jahat dalam badan seseorang umumnya meningkat alasannya yaitu konsumsi masakan yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi. Seseorang dengan kandungan lemak jahat terlarut yang tinggi di dalam darah akan mempunyai resiko besar mengalami bermacam-macam dilema kesehatan;


3. Menurunkan Resiko Kanker


Seseorang dengan kualitas kebugaran jasmani yang tinggi juga akan mempunyai resiko terkena kanker yang lebih kecil. Setiap insan mempunyai resiko terkena kanker; tetapi resiko tersebut sanggup ditekan dengan melaksanakan kegiatan dan latihan fisik untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani.


4. Meningkatkan Mood dan Daya Energi


Seseorang dengan kebugaran jasmani yang baik umumnya mempunyai mood atau kondisi psikologis yang baik. Melakukan latihan fisik ringan untuk menjaga kebugaran jasmani bisa menjadi cara terbaik mempunyai mood yang stabil.


Selain itu; seseorang dengan kondisi fisik yang baik atau mempunyai kualitas kebugaran jasmani tinggi umumnya juga mempunyai kekuatan otot dan energi yang baik. Selain faktor latihan; kualitas kebugaran jasmani juga diperoleh melalui asupan nutrisi dan kecukupan waktu beristirahat.



Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani 


 Kebugaran yaitu perpaduan kegiatan dan olahraga yang dilakukan di daerah olahraga KEBUGARAN JASMANI : Pengertian, Manfaat, Unsur  Bentuk Latihan Kebugaran
pixabay.com

Kebugaran jasmani mempunayi beberapa unsur. antara sumber satu dan lainnya kadang berbeda. Kadang ada yang hanya menuliskan 5 unsur atau 10 unsur. Berikut ini yaitu unsur-unsur kebugaran jasmani secara lengkap:



  1. Kekuatan (strength)

  2. Daya tahan otot (muscular power)

  3. Daya tahan otot dan paru-paru

  4. Kelincahan (agility)

  5. Kelenturan (flexibility)

  6. Daya ledak (power)

  7. Koordinasi (coordination)

  8. Keseimbangan (balance)

  9. Ketepatan (accuracy)

  10. Reaksi (reaction)

  11. Komposisi dan

  12. Kecepatan reaksi


 


Berikut ini yaitu klarifikasi 5 unsur diantaranya:


1. Kekuatan


Kekuatan atau strength merupakan salah satu unsur utama dari kebugaran jasmani. Kekuatan merupakan kualitas kebugaran jasmani yang dinilai melalui kemampuan fisik seseorang dalam hal penggunaan otot untuk melaksanakan kegiatan sehari – hari. Massa otot yang cukup dengan kekuatan yang baik bisa menjadi bab penting untuk mempunyai salah satu unsur utama kebugaran jasmani ini.


Kekuatan otot sanggup dilatih dengan beberapa latihan fisik ibarat sit-up, push-up dan juga squat-jump. Latihan fisik berupa sit-up akan memberi manfaat berupa meningkatkan kekuatan otot pada bab perut. Sedangkan latihan push-up akan melatih otot bab lengan dan badan atas. Sementara squat-jump akan melatih otot bab perut dan kaki atau anggota gerak badan bab bawah.


2. Daya Otot


Daya otot atau muscular power adalah unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan otot untuk mendukung kegiatan fisik sehari – hari. Daya otot sanggup dilatih dengan beberapa latihan untuk melatih otot – otot utama badan manusia.


Side-jump bermanfaat meningkatkan daya ledak otot pada bab paha dan tungkai. Vertical-jump akan meningkatkan daya otot bab tungkai. Sedangkan front-jump akan melatih dan meningkatkan daya ledak otot bab betis dan juga tungkai.


3. Daya Tahan


Daya tahan berkaitan eksklusif dengan stamina atau kemampuan melaksanakan kegiatan dalam jangka waktu yang lama. Daya tahan membutuhkan latihan yang kompleks alasannya yaitu berkaitan dengan meningkatkan kinerja paru – paru, jantung dan juga sistem peredaran darah serta kekuatan otot. Latihan untuk meningkatkan daya tahan sanggup berupa jogging atau lari dengan durasi sekitar 30 menit setiap hari.


4. Kecepatan


Kecepatan sebagai unsur kebugaran jasmani sanggup dimaknai sebagai kemampuan melaksanakan suatu kiprah dengan baik dan benar sehingga lebih cepat selesai. Salah satu latihan kecepatan yang sangat gampang untuk dilakukan yaitu latihan lari untuk meningkatkan kecepatan.


5. Kelincahan


Kelincahan merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan dan keadaan dikala melaksanakan kegiatan sehari – hari. Ada beberapa latihan umum yang bisa dilakukan untuk melatih unsur kelincahan seseorang.


Berlari naik turun tangga serta berlari dengan arah zig – zag merupakan dua latihan kelincahan yang paling umum dan gampang untuk dilakukan.



Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani


 Kebugaran yaitu perpaduan kegiatan dan olahraga yang dilakukan di daerah olahraga KEBUGARAN JASMANI : Pengertian, Manfaat, Unsur  Bentuk Latihan Kebugaran
pixabay.com

Kebugaran jasmani seseorang sanggup diuji dengan beberapa kegiatan latihan tertentu, diantaranya:



  • Push-up untuk melatih kekuatan otot lengan

  • Sit-up untuk melatih kekuatan otot perut

  • Back lift untuk melatih otot punggung

  • Latihan kekuatan otot lengan dan bahu


Aktivitas ini merupakan pola kebugaran jasmani yang bisa dipakai untuk menguji daya tahan badan serta kekuatan otot. Contoh latihan kebugaran jasmani lain yang simpel dan bisa dilakukan untuk menguji kualitas kebugaran jasmani yaitu push-up, lari bolak balik serta lompat jauh tanpa awalan.


credits : drs muhajir, moh gilang


Advertisement

Iklan Sidebar